Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Kelas IV SDN 112 Rejang Lebong

Rabbissama, Rabbissama and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2024) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Kelas IV SDN 112 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULL TEKS-4.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) merupakan pendekatan belajar matematika yang dikaitkan dengan permasalahan yang ada dikehidupan sehari-hari peserta didik atau pengalaman nyata yang dialaami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan representasi sebelum diajar menggunakan pendekatan RME dan kemampuan representasi sesudah diajar dengan menggunakan pendekatan RME 2) dan pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan representasi siswa kelas IV SDN 112 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian quasi eksperimen Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV, yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dari penerapan pendekatan RME menunjukkan bahwa; 1) didapatkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 89 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 84. Berdasarkan hasil rata-rata posttest tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan representasi sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan RME. 2) Dari hasil analisis uji hipotesis didapatkan nilai thitung 3.424 >btabel 1.667 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak, jadi dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penerapan pendekatan RME terhadap kemampuan representasi siswa kelas IV SDN 112 Rejang Lebong. Kata Kunci : Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Representasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rabbissama, Rabbissamarabbissama.mhs@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:43
Last Modified: 16 Jul 2024 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item View Item