Rahma, Ayunita and Arbani, Wiwin and Putra, Muksal Mina (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BERBAHAN BUTIEK (BUNGKUS PLASTIK EKONOMIS) TERHADAP KREATIFITAS BELAJAR SBdP SISWA KELAS III MIN 1 REJANG LEBONG. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Ayunita.pdf Download (4MB) |
Abstract
AYUNITA RAHMA, NIM. 20591035 “Pengaruh Pemanfaatan Media Berbahan BUTIEK (Bungkus Plastik Ekonomis) Terhadap Kreatifitas Belajar SBdP Siswa Kelas III MIN 1 Rejang Lebong”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh realitas masih rendahnya kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran SBdP, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong, Adapun penelitian ini bertujuan untuk; 1) Untuk mengetahui kemampuan kreatifitas belajar SBdP siswa sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan media BUTIEK antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui kemampuan kreatifitas belajar SBdP siswa setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media BUTIEK antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong. 3) Untuk mengetahui apakah dengan memanfaatkan media berbahan BUTIEK dapat berpengaruh terhadap kreatifitas belajar SBdP siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong, dengan jumlah populasi sebanyak 48 siswa. Dan Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 24 siswa (kelompok kontrol) dan 24 siswa (kelompok eksperimen). Teknik pengumpulan data untuk mengukur kreatifitas belajar diambil menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Teknik analisis data uji t paired. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Kreatifitas belajar awal siswa pada hasil pretest kelas eksperimen 32,08 dan pretest kelas kontrol 31,92. Dari nilai pretest kedua kelompok tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok termasuk kedalam kategori kreatifitas yang rendah, sebelum diberi perlakuan menggunakan media BUTIEK antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. 2) Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan media BUTIEK terdapat peningkatan kreatifitas belajar siswa yang signifikan, hal ini dilihat dari nilai posttest kelompok eksperimen 51,75 dan kelompok kontrol 45,33. 3) Berdasarkan hasil uji t paired, kreatifitas belajar SBdP siswa mendapatkan nilai signifikansi (2-sided) 0,000 < 0,05, yang menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, maka dapat ditarik kesimpulan adanya pengaruh media BUTIEK terhadap kreatifitas belajar SBdP siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong. Dengan demikian hasil alternatif (Ha) pada penelitian ini diterima dan hipotesis (Ho) pada penelitian ini ditolak. Kata Kunci: Media, Kreatifitas Belajar, SBdP
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:46 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2024 07:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6606 |
Actions (login required)
View Item |