Perbedaan Kemampuan Literasi Matematika Berbasis Etnomatematika pada AKM antara Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) dengan Model Pembelajaran CBL(Challenge Based Learning) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejang Lebong

Citra, Arza Lia and Syaripah, Syaripah and Septiana, Anisya (2024) Perbedaan Kemampuan Literasi Matematika Berbasis Etnomatematika pada AKM antara Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) dengan Model Pembelajaran CBL(Challenge Based Learning) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Arza Lia Citra.pdf

Download (70MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi kemampuan literasi matematika pada AKM siswa masih rendah, kesulitan siswa dalam merumuskan, menafsirkan, menggunakan konsep, fakta dan alat matematika serta siswa kurang tertarik menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui proses pembelajaran dengan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran CBL, mengetahui kemampuan literasi matematika berbasis etnomatematika pada AKM setelah menggunakan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran CBL, mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan literasi matematika berbasis etnomatematika pada AKM antara model pembelajaran RADEC dengan model pembelajaran CBL serta mengetahui kemampuan literasi matematika berbasis etnomatematika pada AKM dengan model pembelajaran RADEC lebih tinggi atau lebih rendah sama dengan model pembelajaran CBL. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dan Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini kelas VIII D (RADEC) dan kelas VIII A (CBL). Uji yang digunakan Independent Sampel T-Test dengan teknik pengumpulan data tes dan observasi. Hasil dari penelitian ini: Keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dan model pembelajaran CBL ditinjau dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa terlaksana dengan baik atau efektif; rata-rata posttest kemampuan literasi matematika berbasis etnomatematika pada AKM menggunakan model pembelajaran RADEC sebesar 86,7941 dan yang menggunakan model pembelajaran CBL sebesar 77,9118; terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika berbasis etnomatematika pada AKM antara model pembeljaran RADEC dengan model pembelajaran CBL; dan kemampuan literasi matematika berbasis etnomatematika pada AKM dengan model pembelajaran RADEC lebih tinggi daripada model pembelajaran CBL. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), Etnomatematika, Model Pembelajaran RADEC (Read-Answer Discuss-Explain-Create), Model Pembelajaran CBL (Challenge Based Learning).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Citra, Arza Liaarzaliacitra.mhs@iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:59
Last Modified: 16 Jul 2024 01:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6592

Actions (login required)

View Item View Item