Efektivitas Metode Jarimatika Terhadap Pemahaman Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong

Ningtiyas, Hesti and Kurniawan, Kurniawan and Misriani, Agita (2024) Efektivitas Metode Jarimatika Terhadap Pemahaman Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini, ditemukan bahwa adanya peserta didik yang kesulitan dalam mencerna dan memahami konsep pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik pada kegiatan pembelajaran matematika khususnya pada penyajian operasi hitung perkalian di kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong. Sehingga, peneliti ingin mencoba menerapkan suatu metode yang mudah dan praktis dalam menyajikan konsep pembelajaran yaitu metode jarimatika. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pemahaman operasi hitung perkalian siswa setelah penerapan metode jarimatika dan untuk mengukur bagaimana efektivitas metode jarimatika dalam meningkatkan pemahaman operasi hitung perkalian siswa kelas III SD Negeri 04 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-experimental, dan menggunakan desain penelitian one grup pre-test post-test design. Penelitian ini dilakukan pada kelas III A yang berjumlah 22 siswa. Dalam penelitian ini, Teknik pengumpulan data berupa tes (pre-test dan post-test), dokumentasi, dan observasi serta analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sampel t-test dan uji N-gain score. Dari hasil proses pembelajaran yang menggunakan metode jarimatika, menunjukkan hasil pre-test dari 22 siswa tidak ada siswa yang tuntas dengan nilai antara 0 – 40. Sedangkan hasil post-test dari 22 siswa terdapat 11 siswa yang tuntas dengan nilai di atas KKM 70, dan 11 siswa lainnya tidak tuntas dengan nilai antara 30 – 60. Apabila membandingkan selisih antara nilai rata-rata pre-test yang memperoleh nilai 22,73 dan nilai rata-rata post-test yang memperoleh nilai 65,91, yang berarti terdapat peningkatan pemahaman operasi hitung perkalian pada siswa setelah penerapan metode jarimatika. Serta pada hasil uji N-gain score menunjukkan bahwa, nilai rata-rata N-gain score sebesar 57,2024 atau 57% yang masuk ke dalam tafsiran Cukup Efektif. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Pemahaman Operasi Hitung, Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ningtiyas, Hestihestiningtiyas.mhs@iaincurup.ac.id
Kurniawan, Kurniawankurniawan@iaincurup.ac.id
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun5
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:23
Last Modified: 15 Jul 2024 04:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item