Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di SDN 88 Rejang Lebong

Isnaini, Agustin and Sahib, Abdul and Deriwanto, Deriwanto (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPAS Kelas IV di SDN 88 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Lengkap (Agustin Isnaini).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Agustin Isnaini (20591007): Tanggungjawab akan Self-Regulated Learning (SRL) pada diri siswa kelas IV di SDN 88 Rejang Lebong masih kurang, kebanyakan siswa lebih sering bosan dengan belajar, kurangnya kosentrasi dalam belajar, dan tidak memiliki target dalam belajar. Sehingga guru harus kreatif bagaimana menggunakan model pembelajaran diselingi dengan Ice Breaking ataupun game yang membuat siswa kembali lagi semangat untuk belajarnya. Untuk mengatasi itu, peneliti ingin menanamkan self-regulated learning (SRL) kepada siswa supaya siswa lebih bertanggungjawab dengan akan pentingnya belajar dan menumbuhkan minat belajar siswa itu sendiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran self-regulated learning (SRL) terhadap minat dan hasil belajar pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 88 Rejang Lebong Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah One Grup Pretes-Posttest design untuk mengukur hasil belajar, sedangkan untuk mengukur minat peneliti menggunakan One Case Study Dimana peneliti memberikan perlakuan pada kelompok tetapi sebelumnya diukur atau ditest dahulu (pretest) selanjutnya setelah perlakuan kelompok diukur atau ditest kembali (posttest). Hasil penelitian ini menggambarkan: Pertama, Adanya pengaruh yang signifikan model self-regulated learning (SRL) terhadap hasil belajar siswa. Kedua, Adanya pengaruh yang signifikansi antara model self-regulated learning (SRL) terhadap minat belajar siswa. Ketiga, Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran self-regulated learning (SRL) terhadap minat dan hasil belajar siswa. Untuk minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS melalui angket, hasil uji t memperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Dalam uji t hasil belajar IPAS siswa diperoleh dari nilai posttest menunjukkan hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig.(2-tailed) 0,05, menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara model Self-Regulated Learning dengan minat dan hasil belajar IPAS siswa. Kata Kunci: Self-Regulated Learning (SRL), Minat dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Isnaini, Agustinagustinisnaini.mhs@iaincurup.ac.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Deriwanto, Deriwantoderiwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:05
Last Modified: 15 Jul 2024 03:05
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6586

Actions (login required)

View Item View Item