Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri 49 Rejang Lebong

Yanti, Delly and Nurjannah, Nurjannah and Mahfuz, Mahfuz (2024) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SD Negeri 49 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full teks-3.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran inquiry learning dapat mempengaruhi karakter tanggung jawab peserta didik karena proses penyelidikan yang telah mereka laksanakan dan kolaborasi dalamkelompok yang mereka lakukan. Dalam kegiatan pembelajaran juga ada beberapa faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat berjalannya suatu proses pembelajaran dengan baik. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran yaitu komunikasi yang baik antara guru dan peserta didik yang kedua adalah bagaimana cara seorang guru dalam mengajar. Faktor penghambat adalah gaya belajar peserta didik dan juga kurangnya alokasi waktu pada saat penerapan model pembelajaran. Jenis penelitian ini adalh penelitian kualitatif, Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 49 Rejang Lebong, subjek dari penelitian ini kepala sekolah siswa dan juga guru pendidikan agama islam, Data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber adalah guru pai, peserta didik dan juga peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Gambaran dari karakter tanggung jawab peserta didik di SD Negeri 49 Rejang Lebong adalah sudah menyelesaikan tugas dalam latihan yang telah diberikan oleh pendidik tetapi tidak tepat waktu saat pengumpulan tugas Peserta didik sudah menjalankan instruksi yang diberikan guru dengan baik selama proses belajar mengajar. Akan tetapi di suatu kondisi peserta didik ada yang tidak mau mendengarkan instruksi dari guru seperti pembagian kelompok. Peserta didik belum dapat mengatur waktu yang telah ditetapkan oleh guru Peserta didik ada yang sudah serius dalam mengerjakan tugas dan ada yang sebagian masih main main dalam pengerjaan tugas. Peserta didik sudah fokus namun juga terkadang tidak fokus saat mendengarkan penjelasan guru, contohnya mengobrol dengan teman yang ada di depannya. Dalam pengerjaan tugas peserta didik sudah tidak mencontek pada saat pengerjaan tugasnya dan menjawab setiap soal dengan penuh percaya diri. Masih ada peserta didik yang bermalas malasan dalam menyelesaikan tugas sehingga harus ditegur dan diingatkan akan tugasnya baru peserta didik ingin mengerjakan tugasnya. 2). menerapkan model pembelajaran Inquiry Learning bebas diawali dengan meminta peserta didik untuk memperhatikan gambar yang telah ditampilkan di papan tulis setelah peserta didik melihat, guru meminta peserta didik untuk membuat pertanyaan ataupun menjelaskan makna dari gambar yang telah dilihat. Selanjutnya guru akan memberikan sebuah tugas berupa suatu proyek yang harus diselesaikan dengan cara berkelompok. Guru memberikan waktu untuk menyelesaikan proyek, saat pengerjaan tugas. Dan setelah selesai maka peserta didik akan menjelaskan hasil dari proyek yang telah dibuat. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry, Karakter Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yanti, Dellydellyyanti.mhs@iaincurup.ac.id
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:22
Last Modified: 16 Jul 2024 03:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6582

Actions (login required)

View Item View Item