Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv di SD Negeri 1 Rejang Lebong

Safitri, Egit Yola and Mahfuz, Mahfuz and Meldina, Tika (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI EGIT YOLA FINISH.docx

Download (47MB)

Abstract

Pada kelas IV, metode pengajaran yang dominan adalah metode konvensional dan pemberian tugas, yang mengakibatkan suasana belajar menjadi monoton dan siswa jarang mengajukan pertanyaan. Hasil belajar siswa yang rendah mungkin disebabkan dari metode pengajaran yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu:1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran card sort dengan hasil belajar siswa di Kelas eksperimen di SD Negeri 1 Rejang Lebong. 2) mengetahui perbedaan strategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. 3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran card sort pada siswa terhadap hasil belajar Mata Pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini memanfaatkan penelitian eksperimen yaitu Quasi-eksperimental desain dengan jenis two group pretest-posttest design. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini diambil secara teknik sample random yaitu kelas IV A dan IV B itu berjumlah 50 siwa di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Teknis analisis data yang dimanfaatkan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t tes berbantuan aplikasi statistical package for social sciences 25 (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan pembelajaran kelompok dalam mata pelajaran IPAS membuat siswa lebih terlibat secara aktif, menjadikan mereka tidak merasa bosan selama proses belajar.2) Berdasarkan hasil menunjukkan adanya pengaruh strategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Terdapat pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS pada kelas IV A dan IV B yaitu post-tes eksperimen lebih tinggi dari post-test konvensional, dengan post-test eksperimen 79,20 dan post-test konvensional 68,80. 3) Pengaruh strategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Hasil penelitian ini juga menunjukkan nilai signifikasi (2 tailed) = 0,00 ≤ 0,05 sesuai dengan kriteria uji t tes jika signifikasi (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolah H₁ diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi pembelajaran card sort dikatakan dapat memberikan pengaruh strategi pembelajaran card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, card sort

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Safitri, Egit Yolaegitsafitri.mhs@iaincurup.ac.id
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:13
Last Modified: 15 Jul 2024 03:13
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item