Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Dalam Menanamkan Karakter Siswa Di Sdit Cahaya Rabbani Kepahiang

Juwita, Febriani and Masudi, Masudi and Zulaiha, Siti (2024) Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Dalam Menanamkan Karakter Siswa Di Sdit Cahaya Rabbani Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_Juwita_Febriani_20591094_PGMI.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Juwita Febriani, NIM. 20591094, “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Dalam Menanamkan Karakter siswa Di SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang” Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menawarkan pengalaman pembelajaran lintas disiplin yang memungkinkan siswa untuk mengidentifikasi dan merumuskan solusi atas berbagai masalah di sekitar mereka, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat berbagai kompetensi yang tercakup dalam profil pelajar Pancasila. Penelitian ini memiliki tujuan untuk; 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan P5 pada kurikulum merdeka dalam menanamkan karakter pada peserta didik. 2) Mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan P5 pada kurikulum merdeka dalam menanamkan karakter pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kepala sekolah, waka kurikulum dan guru SDIT Cahaya Robani Kepahiang yang mengajar di kelas I dan kelas IV. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara, serta teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan; 1) SDIT Cahaya Rabbani Kepahiang terlibat aktif dalam kelompok kerja guru untuk menerapkan P5. Mereka fokus pada strategi pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kelas, meskipun menghadapi tantangan dalam pengembangan modul. Dengan kerja sama dan dukungan, peserta didik memiliki kesempatan untuk menginternalisasikan nilai-nilai pancasila dalam perilaku sehari-hari. 2) Faktor penghambat seperti perbedaan paradigma, pemahaman guru, dan fasilitas yang terbatas. Namun, kerjasama guru, peningkatan keterampilan, dan materi yang relevan menjadi faktor pendukung utama, didukung oleh lingkungan sekolah yang hangat dan manajemen waktu yang baik sehingga penerapan P5 dalam menanamkan karakter dapat terlaksana secara maksimal Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila ,Kurikulum Merdeka, dan Karakter Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Juwita, Febrianijuwitafebriani.mhs@iaincurup.ac.id
Masudi, Masudimasudi@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:25
Last Modified: 12 Jul 2024 03:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6563

Actions (login required)

View Item View Item