Analisis pertumbuhan pendistribusian dana corporate social responsibility (csr) pada pt. Bank muamalat indonesia tbk. Periode 2012-2016

Novriyani, Dian (2018) Analisis pertumbuhan pendistribusian dana corporate social responsibility (csr) pada pt. Bank muamalat indonesia tbk. Periode 2012-2016. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
ANALISIS PERTUMBUHAN PENDISTRIBUSIAN DANA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk. PER~1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondisi sosial sekitar lingkungan perbankan saat ini masih di pandang sebelah mata oleh sejumlah perusahaan atau lembaga keuangan. Ini disebabkan karena tidak adanya kesadaran untuk menyalurkan dana bagi masyarakat yang membutuhkan. Terlebih lagi tidak adanya peraturan yang ketat dalam mengenai penyaluran dana untuk mensejahterahkan masyarakat sekitar. Perusahaan bahkan lembaga keuangan hanya memprioritaskan laba yang akan didapatkan, tanpa melihat baik, buruknya lingkungan sekitar. Tak sampai disitu, perusahaan dan lembaga keuangan hanya berfokus pada kewajiban pelaporan pertanggung jawaban yang sudah di atur oleh Undang-Undang, tanpa menstabilkan dan tidak adanya konsisten dalam jumlah dana yang disalurkan berdasarkan laba yang diperoleh. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan yang besar, terlebih untuk Bank syariah, yang hanya melaporkan secara rutin dana yang disalurkan tanpa melihat perkembangan dana yang diberikan, dan tidak meningkatkan penyaluran setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur perkembangan pendistribusian dana CSR yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia pada periode lima tahun terakhir. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan data utama laporan keuangan dan laporan tata kelola PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. 2012-2016, yang dapat didownload pada www.bankmuamalat.co.id. Selain itu data didapat dari studi kepustakaan dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan, penyaluran dana CSR dari tahun 2012 hingga 2016. Pada tahun 2012 sebesar 4,45%, pada tahun 2013 sebesar 3,90%. Pada tahun 2014 sebesar 3,73%. Pada tahun 2015 sebesar 4,45 %. Tahun 2016 sebesar 0,90%. Untuk rasio pertumbuhannya pada tahun 2013 sebesar -12,36%. Tahun 2014 sebesar -4,36%. Tahun 2015 sebesar 19,30%. Tahun 2016 sebesar 79,55%. Hal ini menandakan bahwa dana CSR yang disalurkan oleh Bank Muamalat Indonesia tidak stabil, atau pada 5 tahun terakhir mengalami penurunan yang relatif besar. Artinya untuk Bank yang berbasis Syariah, ketika dana kebajikan yang disalurkan setiap tahunnya mengalami kemerosotan, maka dikhawatirkan peran Bank syariah dalam proses pembelajaran masyarakat semakin rendah. Hal ini terjadi pada pendistribusian CSR pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novriyani, DianUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerFebriyarni, BusraUNSPECIFIED
ReviewerRidwan, Rifanto BinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk; Pendistribusian, CSR.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:30
Last Modified: 04 Nov 2019 03:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item