Analisis Sintaks Pembelajaran Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PAI di Pascasarjana IAIN Curup

Adelia, Putri and Idi, Warsah and asri, karolina (2024) Analisis Sintaks Pembelajaran Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PAI di Pascasarjana IAIN Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
KASET TESIS PUTRI ADELIA.pdf - Accepted Version

Download (922kB)

Abstract

Analisis Sintaks Pembelajaran Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PAI di Pascasarjana IAIN Curup ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berbagai keterampilan, termasuk keterampilan berpikir kritis yang krusial untuk memecahkan masalah sehari-hari serta meningkatkan kemampuan analisis dan kreativitas. Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) telah diidentifikasi sebagai metode efektif untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Menurut berbagai penelitian, STEAM memberikan kesempatan eksplorasi dan solusi masalah, mendukung keterampilan abad 21 (6C), dan memotivasi belajar. Di IAIN Curup, pendekatan STEAM diterapkan dalam beberapa mata kuliah, meskipun di RPS tertulis sebagai PjBL. Mahasiswa diberikan tugas observasi untuk mengidentifikasi dan meneliti masalah dalam proses pembelajaran, menghasilkan mini riset yang dikompilasi menjadi buku. Penelitian ini akan menganalisis tahapan pembelajaran STEAM dengan fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PAI di Pascasarjana IAIN Curup menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif, dengan teknik menggumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: 1) Kondensasi Data (Data Condensation), 2) Penyajian Data (Data Display), 3) Verifikasi Data (Data Verifikation). Teknik uji keabsahan data yaitu: 1) Triangulasi Sumber, 2) Triangulasi Teknik. hasil dari penelitian ini berupa uraian kata-kata, tulisan atau lisan dari subyek yang diamati yaitu ketua program studi pendidikan agama Islam, Dosen Prodi PAI, Mahasiswa Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pada tahapan-atahapan pendekatan STEAM ini saling berkaitan dengan indikator berpikir kritis ini dapat terbukti dalam hasil penelitian, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hal ini terbukti dalam hasil penelitian yang menunjukkan adanya hubungan positif antara implementasi STEAM dan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Pendekatan STEAM membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis melalui proses pembelajaran yang interdisipliner, kolaboratif, dan berfokus pada pemecahan masalah nyata. Kesimpulan dari penelitian yang menganalisis tahapan pembelajaran dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pascasarjana IAIN Curup adalah bahwa setiap tahapan dalam pendekatan STEAM, mulai dari identifikasi masalah, eksplorasi konsep, perancangan solusi, implementasi, hingga evaluasi, saling berkaitan dan berkontribusi signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEAM efektif dalam melatih mahasiswa untuk berpikir analitis, kreatif, dan reflektif, serta mampu mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk memecahkan masalah secara kolaboratif. Penerapan STEAM dalam konteks PAI juga terbukti relevan, memungkinkan mahasiswa menghubungkan konsep-konsep agama dengan sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika, sehingga memperkaya pemahaman dan perspektif mereka secara holistik. Kata Kunci: Pendekatan STEAM, Berpikir Kritis, Sintaks pendekatan STEAM

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Adelia, Putriputriadelia@students.iaincrup.ac.id
Idi, Warsahidiwarsah@iaincurup.ac.id
asri, karolinaasrikarolina@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:37
Last Modified: 12 Jul 2024 03:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6559

Actions (login required)

View Item View Item