Analisis Kegiatan Proses Pembelajaran dalam Mengembangkan Critical Thinking Mahasiswa (Studi pada Dosen Prodi PAI Semester VI Fak.Tarbiyah IAIN Curup)

Ahzim, Rezani and dewi, purnama sari and Muhammad, Idris (2024) Analisis Kegiatan Proses Pembelajaran dalam Mengembangkan Critical Thinking Mahasiswa (Studi pada Dosen Prodi PAI Semester VI Fak.Tarbiyah IAIN Curup). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS KEGIATAN PROSES PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING MAHASISWA, REZANI AHZIM 22871036.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Rezani Ahzim. NIM.22871036. Analisis Kegiatan Proses Pembelajaran Dosen dalam Mengembangkan Critical Thinking Mahasiswa (Studi pada Dosen Prodi PAI Semester VI Fak.Tarbiyah IAIN Curup). Tesis. Program Pascasarjana IAIN Curup Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). 2024. 123 halaman. Mengembangkan critical thinking mahasiswa sangat penting dilakukan oleh setiap dosen didalam kegiatan proses pembelajaran. Setiap dosen memiliki kegiatan proses pembelajaran berbeda-beda dalam mengembajngkan critical thinking mahasiswa diprodi PAI IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam mengenai kegiatan pendahuluan, isi dan penutup proses pembelajaran dosen dalam mengembangkan critical thinking mahasiswa PAI IAIN Curup dalam aspek menginterpretasi, menganalisis, mengidentivikasi mengevaluasi dan mengatur diri didalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan case study. Subjek penelitian adalah Dosen prodi PAI semester VI Fak.Tarbiyah IAIN Curup. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun strategi analisis data yaitu data reduction, data disply dan conclusion drawing/ verification. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pendahuluan proses pembelajaran dosen dalam mengembangkan critical thinking mahasiswa pada aspek menginterpretasi melalui kegiatan menanyakan keadaan mahasiswa pada awal pembelajaran, mereview materi yang telah lalu, memberikan tujuan pembelajran yang jelas, membangun rasa ingin tahu dan membangun konteks dan relevansinya. Kegiatan inti proses pembelajaran dosen dalam mengembangkan critical thinking mahasiswa pada aspek menganalisis melalui kegiatan presentasi, penjelasan konseptual dan studi kasus. Aspek mengidentifikasi melalui kegiatan tugas dan pertanyaan terbuka. Aspek evaluasi melalui kegiataan rangkuman ringkas dan analitis. kegiatan pendahuluan proses pembelajaran dosen dalam mengembangkan critical thinking mahasiswa pada asperk mengatur diri dengan kegiatan diskusi kelas interaktif dan koreksi dan perbaikan Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Critical Thinking, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Ahzim, Rezanirezaniahzim,mhs@iaincurup.ac.id
dewi, purnama saridewipurnamasari@iaincurup.co.id.
Muhammad, Idrisidrismuhammad@iaincurup.co.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:39
Last Modified: 12 Jul 2024 03:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6558

Actions (login required)

View Item View Item