Puspita, Febpi and Harmi, Hendra and Meldina, Tika (2024) Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Kewirausahaan dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 17 Rejang Lebong, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang baru diterapkan dan pembelajaran berbasis proyek kewirausahaan yang ada di Kurikulum Merdeka bertujuan menciptakan keterampilan yang memiliki daya jual. Referensi yang sedikit serta karakteristik peserta didik yang berbeda-beda membuat guru kesulitan mencari ide atau bentuk proyek yang sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasis proyek kewirausahaan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 17 Rejang Lebong; 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi pembelajaran berbasis proyek kewirausahaan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 17 Rejang Lebong. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini yaitu guru kelas I dan guru kelas IV SD Negeri 17 Rejang Lebong. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti harus melalui tiga tahapan antaranya, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Implementasi pembelajaran berbasis proyek kewirausahaan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN 17 Rejang Lebong adalah didapatkan sekolah telah menerapkan pembelajaran berbasis proyek kewirausahaan di kelas I dengan proyek menanam tanaman bawang dan membuat makanan berupa keripik ubi sedangkan untuk kelas IV membuat proyek berupa lukisan asmaul husna di media tampah. Pembelajaran berbasis proyek kewirausahaan di SDN 17 Rejang lebong memberikan kebebasan kepada setiap siswa untuk berkreativitas dan berkreasi sesuai dengan kemampuan masing-masing dan bekerjasama dalam membuat proyek dengan tim yang mampu membangun dimensi Profil Pelajar Pancasila sebagai bentuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 2) Faktor pendukung pembelajaran berbasis proyek kewirausahaan di SDN 17 Rejang lebong berupa adanya pelatihan mengenai Kurikulum Merdeka serta fasilitas sekolah dan adanya dukungan dari guru, kepala sekolah, staff, orang tua siswa, dan motivasi siswa dalam belajar. Faktor penghambat berupa kurangnya referensi membuat guru kesulitan mencari ide proyek yang sesuai dengan dana dan waktu yang tersedia. Kata Kunci: Pembelajaran Proyek Kewirausahaan, Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun3 akun3 | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 07:59 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 07:59 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6548 |
Actions (login required)
View Item |