Teknologi Informasi Dalam Perspektif Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Abad 21

Amelia, Disfa and Kusen, Kusen and Syahindra, Wandi (2024) Teknologi Informasi Dalam Perspektif Islam dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Abad 21. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Teks.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Sugiyarti menyatakan bahwa pembelajaran abad ke-21 berbasis teknologi dan harus mampu menjawab tantangan dan tuntutan di era milenial. Siswa harus memanfaatkan pembelajaran abad ke-21 ini sebaik mungkin untuk menjawab tantangan dan tantangan abad ke-21. Tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi pendidikan abad 21 dalam perspektif islam. Kedua, untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi pendidikan abad 21 dalam perspektif islam. Ketiga, untuk mengetahui relevansi teknologi informasi terhadap pendidikan abad 21 Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Studi kepustakaan yaitu lebih dari sekedar melakukan riset lapangan; penelitian kepustakaan juga memanfaatkan sumber kepustakaan untuk mendapatkan informasi untuk penelitian. Jenis data yang digunakan ada dua yaitu jenis data primer dan jenis data sekunder. Data primer adalah data utama yang diperoleh oleh peneliti dan berkaitan dengan judul penelitian. Sedangkan data sekunder adalah data pendukung yang membantu peneliti dalam proses penelitian ini. Teknik pengumpulan data merupakan proses penelitian yang paling penting karena tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan data. Teknik analisis data yaitu proses mengatur urutan data dan mengorganisasikannya ke dalam pola, kategori dan uraian besar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, perkembangan teknologi informasi pendidikan abad 21 dalam perspektif islam yaitu perkembangan teknologi dapat mempermudah proses belajar mengajar, karena tujuan dari pendidikan agama islam yaitu untuk membimbing peserta didik dalam hal dunia maupun akhirat. Dan manusia juga diharuskan untuk mengetahui suatu hal termasuk mengetahui kemajuan dan perkembangan teknologi. Kedua, pemanfaatan teknologi informasi pendidikan abad 21 dalam perspektif islam yaitu banyak pemanfaatan teknolgi informasi pendidikan abad 21 dalam perspektif islam salah satunya yaitu teknologi sebagai alat untuk menyebarkan kebaikan baik menyebarkan dakwah maupun pengetahuan agama. Ketiga, relevansi teknologi informasi terhadap pendidikan abad 21 yaitu sangat berhubungan erat dikarenakan pada abad 21 biasa dikenal dengan zamannya teknologi informasi. Karena hampir setiap aspek kehidupan manusia berhubungan dengan teknologi informasi. Kata kunci: Teknologi Informasi, Pendidikan Abad 21

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Amelia, Disfadisfaamelia.mhs@iaincurup.ac.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:09
Last Modified: 12 Jul 2024 03:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item View Item