Pengembangan Alat Peraga Generator Listrik Mini Pembelajaran IPA Materi Perubahan Energi Siswa Kelas III MIN 03 Kepahiang

Febriansyah, Reki and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Yulizah, Yosi (2024) Pengembangan Alat Peraga Generator Listrik Mini Pembelajaran IPA Materi Perubahan Energi Siswa Kelas III MIN 03 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
REKI FEBRIANSYAH (20591150).pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

REKI FEBRIANSYAH, NIM. 20591150 “Pengembangan Alat Peraga Generator Listrik Mini Pembelajaran IPA Materi Perubahan Energi Siswa Kelas III MIN 03 Kepahiang”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN CURUP. Peneliti melakukan penelitian sebelumnya di MIN 03 Kepahiang. Peneliti menemukan beberapa masalah. Pertama, guru belum pernah menggunakan alat peraga dalam pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran IPA. Mereka juga merasa monoton dengan materi yang diberikan, sehingga siswa lama-kelamaan bosan dan konsentrasi mereka mudah teralihkan karena siswa tidak tertarik dengan pelajaran. Akibatnya, siswa kurang tertarik dengan pelajaran tentang perubahan energi. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui pengembangan alat peraga generator listrik mini pembelajaran IPA materi perubahan energi siswa kelas III MIN 03 Kepahiang, 2) Untuk mengetahui kelayakan alat peraga generator listrik mini pembelajaran IPA materi perubahan energi siswa kelas III MIN 03 Kepahiang. Dalam penelitian ini, metode penelitian pengembangan (R&D) digunakan dengan model pengembangan 4-D (Four D). Dengan tahapan pengembangan terdiri dari 1) Pendefinisian (Define), 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), dan pada tahap 4 tidak dilaksanakan pada penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) alat peraga generator listrik mini dikembangkan dari awal observasi, perencanaan pembuatan alat peraga, hasil analisis kebutuhan,validasi ahli media dan materi,revisi validasi ahli media dan materi serta respon pendidik dan peserta didik terhadap alat peraga generator listrik mini. 2) alat peraga generator listrik mini yang di kembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor Validasi rata-rata ahli media yaitu 92,8% dengan kategori Sangat Layak dari aspek kualitas alat peraga tingkatan keunikan alat peraga, dan konsisten. Persentase skor validasi rata-rata ahli materi yaitu 89,4% dengan kategori Layak dilihat dari aspek kelengkapan alat peraga, materi, dan pembelajaran. Sedangkan persentase respon pendidik yaitu 93,3% dengan kategori Sangat Layak, dan hasil respon peserta didik yaitu 86,6% dengan kategori Layak. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu alat peraga generator listrik mini menggunakan 4D Sangat Layak digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: Alat Peraga Generator Listrik Mini, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Febriansyah, Rekirekifebriansyah.mhs@iaincurup.ac.id
Wahyuningsih, Wiwin Arbaniwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun5
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:53
Last Modified: 12 Jul 2024 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item