Implementasi Pola Interaksi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum Merdeka di SMPN 4 Rejang Lebong

Yoan Thomas Alpino, Yoan Thomas Alpino and Rafia, Rafia and Daheri, Mirzon (2024) Implementasi Pola Interaksi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum Merdeka di SMPN 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI IAIN CURUP.

[img] Text
YOAN THOMAS ALPINO.pdf

Download (1MB)

Abstract

IMPLEMENTASI POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 4 REJANG LEBONG Yoan Thomas Alpino 20531180 ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh Melihat permasalahan bahwa dengan adanya pergantian kurikulum tentu akan ada perubahan pola interaksi yang di bangun dalam proses pembelajaran yang akan di terapkan maka penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Bagaimana Implementasi Pola Interaksi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum Merdeka di Smpn 4 Rejang lebong dan Untuk Mengetahui Bagaimana Efektivitas implementasi Pola Interaksi Dalam pembelajaran Pendidikan agama islam Pada Kurikulum Merdeka di Smpn 4 Rejang lebong Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukkan dengan cara observasi awal dalam tahap mengenal lingkungan, melalui tahap wawancara, dan mengumpulkan data atau sebuah hasil ialah dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan sebuah kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam, siswa kelas VIII di SMPN 4 Rejang Lebong. Adapun hasil penelitiannya bahwa penerapan pola interaksi di terapkan 3 pola yang di bangun pola inetraksi satu arah dibuktikan dari guru setiap kali memasuki kelas guru menggunakan metode ceramah saat pembelajaran berlangsung. Pola interaksi dua arah dibuktikan menggunakan metode Tanya jawab akan tetapi guru membentuk belajar kelompok siswa Pola interaksi multi arah dibuktikan pada saat menggunakan metode diskusi dan simulasi, guru menggunakan media belajar berupa video Based Learning. Lalu Efektivitas pola interaksi dalam pembelajaran PAI khususnya di SMPN 4 Rejang Lebong sejauh ini sudah sangat baik dan sudah terlaksana dengan baik, hal ini dapat terlaksana dengan baik pada kurikulum merdeka ini karena adanya persiapan yang pendidik dan pembelajaran yang menggunakan media belajar untuk mengembangkan inovasi baru dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Implementasi,Pola Interaksi,Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yoan Thomas Alpino, Yoan Thomas Alpinoyoanalpino@students.iaincurup.ac.ad
Rafia, Rafiarafiaarcanita@iaincurup.ac.id
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:35
Last Modified: 12 Jul 2024 08:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6538

Actions (login required)

View Item View Item