Implementasi Pendekatan Terpadu Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar PAI Kelas 6 SDN 32 Rejang Lebong

Andika, Joko and Nurjannah, Nurjannah and Yanuarti, Eka (2024) Implementasi Pendekatan Terpadu Dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar PAI Kelas 6 SDN 32 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fullteks-1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya implementasi pendekatan terpadu dalam mengembangkan kreativitas belajar PAI di SDN 32 Rejang Lebong. Pada penerapannya terdapat beberapa tahap yang dilakukan oleh guru dan siswa saling berkerja sama. Fokus penelitian ini adalah pada Implementasi yaitu, penerapan atau pelaksanaan pendekatan terpadu dalam mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana Implementasi pendekatan terpadu dalam mengembangkan kreativitas siswa pada pembelajaran PAI di kelas 6 SDN 32 Rejang Lebong. Kedua, Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kreativitas belajar PAI melalui implementasi pendekatan terpadu di SDN 32 Rejang Lebong. Tujuan untuk Untuk mengetahui Implementasi pendekatan terpadu dalam mengembangkan kreativitas siswa pada pembelajaran PAI serta upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengembangkan kreativitas belajar PAI melalui implementasi pendekatan terpadu di SDN 32 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( Field reaseach), yakni penelitian yang dilakukan secara langsung terjun ke lapangan untuk mendapatkan serta mengumpulkan informasi dari responden dan informan serta objek yang diamati melalui instrument pengumpulan data. Jenis penelitian adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Penggunaan metode analisis dengan menggunakan model yang dikemukakan oleh huberman dan miles yang meliputi: Reduksi data, Display data, Pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Kemudian, keabsahan data menggunakan system triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian diperoleh bahwa pertama, Implmentasi pendekatan terpadu dilakukan melalui beberapa tahap kegiatan yaitu: tahap telaah, tahap eksplorasi, tahap rumuskan, tahap persentasikan, tahap aplikasikan, tahap dunia dan tahap ukhrowi. Kedua, upaya atau cara yang dilakukan guru dalam mengembangkan kreativitas belajar PAI melalui pembuatan mind mapping materi PAI mulai dari persiapan pembagian kelompok, persiapan bahan berupa karton, hvs dll, arahan guru, diskusi kelompok, persentasi memaparkan hasil produk berupa mind mapping didepan kelas. Kata Kunci : Pendekatan terpadu, Pendidikan Agama Islam, Kreativitas Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Andika, Jokojoko.andika@student.iaincurup.ac.id
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:25
Last Modified: 11 Jul 2024 07:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6537

Actions (login required)

View Item View Item