penerapan metode picture and picture pada pembelajaran praktik shalat kelas III sekolah dasar Islam terpadu Ummatan Wahidah talang rimbo

lestari, emelya ayu and Komalasari, Bakti and Daheri, Mirzon (2024) penerapan metode picture and picture pada pembelajaran praktik shalat kelas III sekolah dasar Islam terpadu Ummatan Wahidah talang rimbo. Sarjana thesis, institut agama Islam negeri Curup.

[img] Text
sodapdf-converted.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Emelya Ayu Lestari Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode picture and picture pada pembelajaran praktik shalat dan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam penerapan metode picture and picture pada pembelajaran praktik shalat di SDIT Ummatan Wahidah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh pemahaman dan fakta yang relevan tentang penerapan metode picture and picture pada pembelajaran praktik shalat. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI dan Siswa Kelas III di SDIT Ummatan Wahidah. Teknik pengumpulan data: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data, Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan metode picture and picture pada pembelajaran praktik shalat di SDIT Ummatan Wahidah terdiri dari delapan tahapan, pertama guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, kedua guru menyajikan materi sebagai pengantar, ketiga guru membagi siswa kedalam kelompok, keempat guru menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi, kelima guru memanggil peserta didik secara bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis, keenam guru menanyakan urutan dasar gambar tersebut, ketujuh guru menanamkan konsep atau materi yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai, kedelapan kesimpulan dan rangkuman. yaitu kelebihannya dapat membantu siswa memahami konsep atau materi pelajaran dengan mudah, metode ini juga mendorong kerjasama dan kolaborasi antar siswa dalam berkelompok. Kemudian kekurangannya yaitu memakan banyak waktu, juga masih ada beberapa siswa yang tidak aktif atau kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Penerapan, Metode Picture and Picture, Praktik Shalat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
lestari, emelya ayuemelya@student.iaincurup.ac.id
Komalasari, Baktibaktikomalasari@iaincurup.ac.id
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:02
Last Modified: 11 Jul 2024 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6529

Actions (login required)

View Item View Item