Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di SMKN 7 Rejang Lebong

Setiowati, Andhella Gigih and Mahfuz, Mahfuz and Syahindra, Wandi (2024) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di SMKN 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMKN 7 REJANG_1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran wajib di sekolah menengah dan merupakan bagian dari kurikulum. Mata pelajaran ini masuk dalam kurikulum SMKN 7 Rejang Lebong. Pemanfaatan pembelajaran PAI dari awal penyajian hingga konseptualisasi ide terbukti sangat menarik minat siswa. Selain itu, integrasi teknologi meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, sehingga menjamin penerimaannya secara efektif. Meskipun integrasi pembelajaran berbasis TIK mempunyai banyak keuntungan, namun pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI masih kurang. Banyak siswa yang masih kesulitan memahami teknologi ini karena jarangnya sesi pembelajaran PAI yang hanya dilakukan seminggu sekali di setiap kelas. Selain itu, pembelajaran PAI dianggap membosankan karena banyaknya konten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pemanfaatan teknologi informasi dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 7 Rejang Lebong. Untuk mengetahui tantangan dan solusi yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran siswa melalui penerapan pendidikan berbasis teknologi dan informasi di SMKN 7 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif yang secara khusus memilih SMKN 7 Rejang Lebong sebagai tempat penelitian. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Pemanfaatan pembelajaran berbasis ICT pada mata pelajaran PAI di SMKN 7 Rejang Lebong sangat bermanfaat karena memudahkan proses belajar mengajar baik guru maupun siswa di kelas. Bentuk pembelajaran berbasis TIK, seperti Microsoft PowerPoint dan tampilan video, digunakan untuk meningkatkan pembelajaran di sekolah. Hal ini difasilitasi melalui pemanfaatan infrastruktur sekolah, antara lain Infocus, laptop milik guru, dan jaringan WiFi sekolah. Permasalahan dan solusi yang dihadapi oleh guru PAI dapat dikategorikan ke dalam enam kendala yang berbeda dan solusi yang sesuai: Kurangnya pemahaman siswa mengenai penerapan pembelajaran berbasis ICT pada disiplin ilmu PAI. Kurangnya pemahaman siswa terhadap perolehan pengetahuan pada disiplin ilmu PAI. Para orang tua khawatir dengan tidak memadainya fasilitas dasar di lingkungan sekolah. Suasana yang tidak menguntungkan. Dengan mengatasi enam tantangan tersebut, proses pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan efektifitas dan efisiensi yang optimal. Kata kunci: Penerapan Pembelajaran PAI Berbasis TIK, Hambatan dan Solusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Setiowati, Andhella Gigihandhella.gigih@students.iaincurup.ac.id
Mahfuz, MahfuzMahfuz@iaincuruo.ac.id
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:14
Last Modified: 17 Oct 2024 03:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6504

Actions (login required)

View Item View Item