Pengembangan Bahan Ajar Digital Kurikulum Merdeka Berbasis Whiteboard Animation Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SDIT Rabbi Radhiyya

Ristamara, Mirsya and Meldina, Tika and Septiana, Anisya (2024) Pengembangan Bahan Ajar Digital Kurikulum Merdeka Berbasis Whiteboard Animation Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di SDIT Rabbi Radhiyya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
MIRSYA RISTAMARA_20591118_PGMI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dengan berkembangnya Kurikulum Merdeka yang semakin pesat membuat kebutuhan bahan ajar harus seimbang dengan perkembangan yang terjadi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Melakukan proses pengembangan dengan model ADDIE dalam mengembangkan bahan ajar digital Kurikulum Merdeka berbasis whiteboard animation pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDIT Rabbi Radhiyya; 2) Untuk melakukan validitas bahan ajar digital Kurikulum Merdeka berbasis whiteboard animation pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDIT Rabbi Radhiyya. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan modifikasi tahapan ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 16 orang. Tahapan analisis kebutuhan terdiri dari analisis kebutuhan guru dan analisis kebutuhan peserta didik. Penelitian ini divalidasi oleh ahli materi dan bahasa, serta ahli media. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa; 1) Proses pengembangan bahan ajar digital Kurikulum Merdeka berbasis whiteboard animation pada Mata pelajaran Matematika kelas IV menggunakan tiga tahapan yaitu analysis,design, dan development; 2) Bahan ajar digital Kurikulum Merdeka berbasis whiteboard animation sudah termasuk kriteria valid atau layak digunakan sebagai bahan ajar digital setelah melewati uji validasi dari ahli materi dan bahasa serta ahli media. Skor rata-rata yang diperoleh sebagai hasil validasi oleh kedua ahli adalah 4, termasuk dalam kategori "sangat sesuai". Pada tahapan validitas oleh ahli materi dan bahasa diperoleh nilai dengan persentase sebesar 86% dengan kategori valid dan dapat digunakan. Pada uji validitas oleh ahli media diperoleh nilai dengan persentase sebesar 97% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan. Kata Kunci: Bahan Ajar Digital, Kurikulum Merdeka, Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ristamara, Mirsyamirsyaristamara@students.iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: . Akun 9
Date Deposited: 17 Oct 2024 02:57
Last Modified: 17 Oct 2024 02:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6487

Actions (login required)

View Item View Item