Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 4 Kepahiang

Febriani, Alika and Nasution, Aida Rahmi and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 4 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI ALIKA FEBRIANI.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Alika Febriani, NIM. 20591011 “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS Kurikulum Merdeka Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 4 Kepahiang”, Skripsi pada Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Berisikan latar belakang penelitian dan tujuan penelitian, penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 4 Kepahiang, penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di SDN 4 Kepahiang; 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPAS kurikulum merdeka kelas IV SDN 4 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan yakni model kuantitatif berbasis true experiment dimana sampel yang menjadi tujuan penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan kelas IV B SDN 4 Kepahiang yang berjumlah 20 orang dikelas IV A dan 20 orang dikelas IV B. Metode pengumpulan datanya menggunakan uji soal yang sesuai dengan indikator pemahaman konsep serta teknik analisis data yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas. Kemudian untuk mengetahui perbedaan dan pengaruhnya maka diuji menggunakan uji hipotesis dengan uji t pired sample test. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa; 1) berdasarkan pengujian uji soal sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPAS siswa yang diajar dengan model Discovery Learning dengan hasil belajar IPAS siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu terlihat dari perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu untuk kelas eksperimen memperoleh nilai postest dengan rata-rata 84, 25 lebih tinggi dari kelas kontrol yang memperoleh nilai posttest dengan rata-rata 46,25. berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil peningkatan belajar lebih baik; 2) hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 4 Kepahiang, berdasarkan uji hipotesis pired sample test, diketahui nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,005, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata peningkatan hasil belajar nya yaitu pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh model Discovery Learning (variabel X) terhadap hasil belajar (variabel Y) siswa kelas IV di SDN 4 Kepahiang. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Febriani, Alikaalikafebriani.mhs@iaincurup.ac.id
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:32
Last Modified: 11 Jul 2024 03:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item