Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rejang Lebong

Maharani, Mayang Dwita and Wahyudi, Edi and Fransiska, Jenny (2024) Pengaruh Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI MAYANG DWITA MAHARANI (NIM.20591108).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

skripsi ini dilatar belakangi oleh penerapan model Discovery Learning dalam model masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa.Siswa kurang terampil dalam memahami suatu masalah, memecahkan masalah, dan dalam memberikan jawaban sendiri pada mata pelajaran IPA. Guru masih kurang menerapakn model pembelajaran yang menarik pada proses pembelajaran, sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Rejang Lebong. Peneliti ini merupakan penelitian ekperimen. Dengan desain penelitian noequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan uji kemampuan awal (pretest) ke siswa kelas VC sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa, siswa kelas VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 22 siswa, dan uji kemampuan akhir (posttest) setelah pemberian perlakuan. Dengan menggunakan soal-soal yang serupa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Perbedaan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan model Discovery Learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Rejang Lebong, berdasarkan analisis data pada posttest kelas ekperimen memperlihatkan nilai minimal yang diraih oleh siswa adalah 55 dan nilai maksimal adalah 95 dengan nilai rata-rata 81, pada posttest kelas kontrol memperlihatkan nilai minimal yang diraih oleh siswa adalah 50 dan nilai maksimal adalah 83 dengan nilai rata-rata 71. Perhitungan uji hipotesis independent sampel test, pretest posttest pada kelas ekperimen, diketahi nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,003 dimana pada pada kriteria pengambilan keputusan 0,003 < 0,05 oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara kemampuan berpikir kreatif pretest dan posttets pada kelas ekperimen dan kelas kontrol, yang artinya ada pengaruh penggunaan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata peljaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Rejang Lebong. Kata kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maharani, Mayang Dwitamayangmaharani.mhs@iaincurup.ac.id
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:42
Last Modified: 17 Oct 2024 02:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item