Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Upaya Menigkatkan Aktivitas Pembelajaran PAI & Budi Pekerti Siswa SMPN 02 Kec. Kabawetan Kab.Kepahiang

Putri, Yayang Kharisma and Komalasari, Bakti and Putra, Hastha Purna (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Upaya Menigkatkan Aktivitas Pembelajaran PAI & Budi Pekerti Siswa SMPN 02 Kec. Kabawetan Kab.Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI FIKS YAYANG + daftar pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran PAI & Budi Pekerti di SMPN 02 Kabawetan Kab. Kepahiang pada saat proses pembelajaran PAI & Budi Pekerti berlangsung. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sumpling dengan mentukan sampel yang cocok untuk mendapatkan data, Adapun Teknik pengumpulan data adalah observasi yang dilakukan di kelas VIII di SMPN 02 Kabawetan, Wawancara dilakukan kepada Waka Kurikulum, Guru PAI, Siswa kelas VIII SMPN 02 Kabawetan. Dokumentasi diambil dari SMPN 02 kabawetan. Teknik Analisis Data dengan reduksi data, penyajian data verifikasi data, Teknik keabsahan data dengan menggunakan trianggulasi data yaitu Check recheck dan Cross checking Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran PAI & Budi Pekerti di SMPN 02 Kabawetan Kab. Kepahiang dilaksanakan melalui proses pembelajaran melalui 5 tahapan yaitu: Mengorientasikan siswa terhadap pemecahan masalah, Mengorganisasikan peserta didik, Membimbing penyelidikan Individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (2)Aktivitas pembelajaran pada model pembelajaran problem based learning yaitu berbasis mental activities melalui kegiatan fisik, yaitu berupa pengerjaan persoalan materi pembelajaran, dan nonfisik berupa pengetahuan yang dimiliki siswa (3) Faktor pendukung penerapan model pembelajaran problem based learning: siswa terbiasa bekerja sama, banyak sumber pengetahuan untuk menyelesaikan masalah, memiliki kemampuan memecahkan masalah nyata, pembelajaran fokus pada masalah, terjadi aktivitas ilmiah kerja kelompok, terbiasa menggunakan sumber-sumber pengetahuan. Faktor penghambat: siswa yang memiliki sifat malas, membutuhkan banyak waktu, keragaman kemampuan siswa, membutuhkan kemampuan guru mengelola kelas, lebih banyak membutuhkan biaya. Kata kunci : Penerapan, Model Problem Based Learning, Aktivitas Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Yayang KharismaUNSPECIFIED
Komalasari, Baktibaktikomalasari@iaincurup.ac.id
Putra, Hastha Purnahasthapurnaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:38
Last Modified: 16 Oct 2024 08:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item