Strategi Guru Mismatch dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI di Smpn 04 Kepahiang

Anggriani, Hellen and Arcanita, Rafia and Maryati, Ana (2024) Strategi Guru Mismatch dalam Melaksanakan Pembelajaran PAI di Smpn 04 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full text.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan guru mismatch pada suatu lembaga pendidikan menjadi semakin banyak jumlahnya, terlebih bagi guru mismatch PAI, ini dikarenakan kebanyakan lembaga pendidikan membutuhkan banyak guru untuk mengampu mata pelajaran umum dan keagamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi, kinerja dan proses pembelajaran guru yang tidak sesuai dengan keilmuan (Mismatch) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kepahiang serta untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kinerja pada guru Mismatch PAI tersebut.Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kepahiang, yang menjadi informan kunci adalah Guru Mismatch PAI yang ada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kepahiang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwasannya guru mismatch PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kepahiang termasuk guru yang berkompeten. Karena memiliki kemauan dan keinginan untuk memberikan pembelajaran yang terbaik kepada murid-muridnya, selain itu beliau juga mempunyai strategi dalam melakukan proses pembelajaran, strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah strategi pembelajaran reflektif, yang mana proses pembelajaran reflektif sebagai salah satu tipe pembelajaran yang melibatkan proses refleksi siswa tentang apa yang dipelajari, apa yang dipahami, apa yang dipikirkan dan apa yang akan dilakukan kemudian. Meskipun masih ada beberapa kekurangan baik pada guru ataupun murid, akan tetapi guru mismatch di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kepahiang tetap belajar untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Kinerja pada guru Mismatch ini bisa dikatakan sudah baik, adapaun cara meningkatkan kinerja guru Mismatch salah satunya adalah dengan cara banyak mencari referensi dan informasi serta banyak belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Bukan hanya guru mismatch saja akan tetapi kepala sekolah juga sangat antusias untuk memberikan pembekalan kepada guru mismatch yang terdapat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kepahiang ini dan memberikan dukungan serta merangkul sehingga bisa menjadi guru yang baik dan berkompeten. Kata Kunci : Pembelajaran PAI atas guru yang tidak sesuai keilmuan, Strategi, Guru Mismatch PAI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggriani, Hellenhellen.anggriani@students.iaincurup.ac.id
Arcanita, Rafiarafiaarcanita@gmail.com
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:19
Last Modified: 17 Jul 2024 08:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6448

Actions (login required)

View Item View Item