Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya

Pertiwi, Diana Putri and Asha, Lukman and Gunawan, Guntur (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI DIANA PUTRI PERTIWI PGMI.pdf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

DIANA PUTRI PERTIWI, NIM. 20591050 “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Hasil Belajar Tematik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Mis Guppi No. 13 Tasik Malaya”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di kelas V terdapat kelemahan dalam menerapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara penuh, selama ini lebih sering menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan sehingga menjadikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA cenderung rendah. sehingga kebanyakan siswa merasa bosan saat belajar dan lebih memilih berbicara dengan teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan pendekatan Pra Eksperimental Design. Sedangkan desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok subjek. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi, dengan sampel penelitian siswa kelas V yang terdiri dari 26 siswa. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh terhadap model tersebut. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) diperoleh thitung sebesar 11.739. Sedangkan nilai t tabel untuk α = 0,05 dengan df = 25, berarti t hitung > t tabel (11.739 > 2.059), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V nilai signifikansi sebesar sebesar 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dan posttest. Yang artinya terdapat pengaruh yang besar dari model Visual Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar siswa kelas V di MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya. Dengan jumlah rata-rata nilai posttest sebesar 59.04 dan pretest sebesar 76.92. Kata kunci: Model Pembelajaran VAK, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik, IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pertiwi, Diana Putridianapertiwi.mhs@iaincurup.ac.id
Asha, Lukmanlukman.asha@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:40
Last Modified: 09 Jul 2024 08:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6447

Actions (login required)

View Item View Item