Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong

Rini, Rini and Wahyuningsih, Wiwin Arbani and Yosi, Yulizah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RINI(20591164) FIKS SELESAI.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah yaitu siswakurang aktif dan antusias berbicara saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang percaya diri dalam menyampaikan ide dan gagasannya dan terlihat sangat pasif saat guru meminta mereka mengemukakan ide/pendapat dan menjawab pertanyaan secara lisan, siswa sering merasa gugup dan tidak dapat mengingat kata-kata yang telah mereka hafal sebelumnya. siswa cenderung kesulitan menggungkapkan ide dan gagasannya ketika berbicara sehingga pembicaraan siswa tidak sesuai topik atau tema sehingga berpengaruh pada keterampilan berbicara.Siswa juga kurang berminat dengan cara pembelajaran yang diterapkan guru karena model pembelajaran yang di terapkan oleh guru kurang bervariasidengan menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Student Facilitator And Explaining (SFE) terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 72 Rejang Lebong Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan desain Quasi nonequivalent control group design. Sampel penelitian yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa tes unjuk kerja di uji validitas dan reliabilitasnya, Teknik pengumpulan data yaitu tes unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa dari nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana diperoleh rata-rata tes akhir (posttest) kelas eksperimen 83.00, sedangkan di kelas kontrol diperoleh rata- rata tes akhir (posttest) 65.27. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) memiliki hasil yang lebih baik. Berdasarkan uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000< 0,005, Disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model Student Facilitator And Explaining (SFE) terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 72 Rejang Leboong. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Student Facilitator And Explaining (SFE), Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rini, Rinirini@iaincurup.ac.id
Wahyuningsih, Wiwin Arbaniwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Yosi, Yulizahyosiyulizah@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:38
Last Modified: 09 Jul 2024 07:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item View Item