Pengaruh Pendekatan Operant Conditioning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN 171 Rejang Lebong

Darani, Indah Tri and Nurmal, Ifnaldi and Hartati, Meri (2024) Pengaruh Pendekatan Operant Conditioning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN 171 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI INDAH TRI DARANI.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Indah Tri Darani, NIM. 20591084 “Pengaruh Pendekatan Operant Conditioning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SDN 171 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas V di SDN 171 Rejang Lebong dengan tujuan: 1) mengetahui penerapan pendekatan operant conditioning pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 171 Rejang Lebong, 2) mengidentifikasi motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di SDN 171 Rejang Lebong; 3) mengukur pengaruh pendekatan operant conditioning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas lima di SDN 171 Rejang Lebong. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang menjadi fokus penelitian adalah keseluruhan siswa di kelas V SDN 171 Rejang Lebong. Sampel penelitian terdiri dari 21 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, termasuk angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan memanfaatkan pendekatan statistik deskriptif dan koefisien korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan operant conditioning tergolong baik diterapkan dilihat dari penilaian positif dari siswa terhadap penggunaan pendekatan ini pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, 2) motivasi belajar siswa dengan pemberian pendekatan operant conditioning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tergolong baik, menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, 3) pendekatan operant conditioning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini secara parsial dapat diterima sebagai faktor yang meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Pendekatan Operant Conditioning, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Darani, Indah Triindahtridarani.mhs@gmail.com
Nurmal, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:36
Last Modified: 09 Jul 2024 07:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6425

Actions (login required)

View Item View Item