Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Kata Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di SD N 22 Rejang Lebong

Sunarsih, Dwi and Nurmal, Ifnaldi and Hartati, Meri (2024) Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Kata Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di SD N 22 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama IsIam Negeri Curup.

[img] Text
DWI SUNARSIH_20591056_PGMI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas I SD Negeri 22 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk ; 1) Mengetahui penerapan penggunaan media monopoli kata selama pembelajaran dikelas I SD Negeri 22 Rejang Lebong; 2) Mengetahui keterampilan membaca siswa kelas I di SD Negeri 22 Rejang Lebong setelah penggunaan media monopoli kata; 3) Mengetahi pengarh penggnaan media mnpli kata dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I di SD N 22 Rejang Lebng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimen, jenis model Desain One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data ini adalah observasi, tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas I dengan populasi 52 siswa dan sampel 26 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil proses penerepan penggunaan media monopoli kata selama pembelajaran dikelas dapat mendorong siswa untuk aktif ketika pembelajaran berlangsung; 2) Terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang dimana nilai posttest mendapatkan hasil rata-rata 83 dengan kategori tinggi, artinya terdapat peningkatan setelah diberi perlakuan; 3) Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media monopoli kata berpengaruh dalam keterampilan membaca siswa kelas I di SD N 22 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai Sig. (2 tailed) = 0,00 ≤ 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Dibuktikan dengan thitung yaitu nilai thitung = 5.903 ≥ ttabel = 2.063. Jadi disimpulkan bahwa data pada uji hipotesis diketahui H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan media monopoli kata dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I di SD N 22 Rejang Lebong. Kata Kunci : Media Monopoli Kata, Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sunarsih, Dwidwisunarsih. Mhs@iaincurup.ac.id
Nurmal, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:55
Last Modified: 16 Oct 2024 08:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6422

Actions (login required)

View Item View Item