Implementasi Layanan Bimbingan Konseling dalam Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di SMPIT An-Nida’ Lubuklinggau

Seprianto, Seprianto and Ristianti, Dina Hajja and Fadila, Fadila (2024) Implementasi Layanan Bimbingan Konseling dalam Mewujudkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di SMPIT An-Nida’ Lubuklinggau. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Seprianto, (22811006) berjudul Implementasi Layanan Bimbingan Konseling dalam Mewujudkan kesejahteraan Psikologis Siswa SMPIT An-Nida Kota Lubuklinggau Tesis, Curup; Program Pascasarjana IAIN Curup, Prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 2024. 112 Halaman Kondisi psikologis siswa di SMPIT Annida’ Kota Lubuklinggaua mengungkapkan sejumlah temuan yang mencerminkan tantangan signifikan. Pertama-tama, tingkat stres di kalangan siswa, Siswa merasa tertekan oleh tugas dan ujian, serta merasa perlu bersaing dengan rekan-rekan mereka. Selain itu, rendahnya harga diri juga menjadi permasalahan serius. Banyak siswa merasa kurang percaya diri dalam prestasi akademik dan aspek-aspek sosial kehidupan mereka. Masalah ketiga adalah kurangnya keterampilan mengatasi masalah interpersonal. Terakhir, layanan bimbingan konseling sebelumnya juga memiliki keterbatasan, tidak mampu merangkul seluruh aspek yang diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak implementasi pada layanan bimbingan konseling, dengan harapan bahwa langkah ini akan membawa perubahan positif dalam kesejahteraan psikologis siswa di SMPIT Annida’ Kota Lubuklinggau Adapun jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif analitik, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yang meliputi tiga bagian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) Profil kesejahteraan psikologis siswa di SMPIT Annida’ Kota Lubuklinggau menunjukkan beberapa tantangan yang perlu diperhatikan secara serius. Meskipun ada beberapa aspek kesejahteraan yang terpenuhi dengan baik, seperti dukungan sosial dan lingkungan sekolah yang kondusif, masih terdapat kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman dan respon terhadap masalah psikologis yang mungkin dihadapi siswa. (2) Implementasi Layanan Bimbingan Konseling, Layanan bimbingan konseling diimplementasikan melalui berbagai strategi, yaitu kelompok, klasikal, dan individual. Evaluasi menunjukkan keberhasilan umum, namun. (3) Hambatan dalam Implementasi Layanan Bimbingan Konseling, Berbagai hambatan teridentifikasi, seperti beban belajar, kompleksitas dua kurikulum, dan masalah sosial-emosional yang dapat menyebabkan stres pada siswa. Upaya penanganan harus dilakukan secara sistematis. Kata Kunci: Bimbingan Konseling, dan Kesejahteraan Psikologis

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Seprianto, Sepriantoseprilinggaupos@gmail.com
Ristianti, Dina Hajjadinahajja@iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:15
Last Modified: 11 Jul 2024 07:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item