Soleha, Tiara Mar'tus and Nasution, Aida Rahmi and Yulizah, Yosi (2024) Pengaruh Strategi Pembelajaran Synergetic Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sdn 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI TIARA BENAR 2.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatarbelakang yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan karena menggunakan metode belajar yang hanya berfokus pada ceramah dan dominasi guru. Sebagai langkah dalam mengatasi masalah tersebut, peneliti memilih untuk menggunakan strategi pembelajaran synergetic teaching. Tujuan penelitian yaitu untuk; 1) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum menggunakan strategi synergetic teaching; 2) Mengetahui penggunaan strategi synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia; 3) Mengetahui pengaruh strategi pembelajaran synergetic teaching terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 72 Rejang Lebong. Jenis penelitian adalah kuantitatif, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode true experimental design, yaitu menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tes, serta dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis (uji-t). Penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil belajar sebelum diterapkannya strategi pembelajaran synergetic teaching relatif rendah, hanya mencapai nilai rata-rata 61,67. Sehingga setelah diterapkannya strategi tersebut, terjadi peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik, dengan rata-rata mencapai 81,20. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran synergetic teaching memberi pengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,005 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, kesimpulannya adalah bahwa ada perbedaan rata-rata dari hasil pretest dan posttest, memberi pembuktian bahwa strategi pembelajaran punya pengaruh yang positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 72 Rejang Lebong.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 04:51 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 04:51 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6394 |
Actions (login required)
View Item |