Implementasi Program Gerak (Gemar Berinfak) dan Segera (Segenggam Beras) dalam Menanamkan Nilai Qudwah di SDIT RABBI RADHIYYA 03

Wulan, Wulan and Susilawati, Susilawati and Oktori, Agus Riyan (2024) Implementasi Program Gerak (Gemar Berinfak) dan Segera (Segenggam Beras) dalam Menanamkan Nilai Qudwah di SDIT RABBI RADHIYYA 03. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_REVISI_SETELAH_SIDANG_WULAN[2] - Copy-1.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perkembangan zaman dimana anak-anak kurangnya sikap keteladanan atau sikap peduli terhadap sesama apa lagi berinfak dizaman sekarang misalnya dalam keadaan terpaksa baru berinfak seperti pada saat proses pembelajaran kurang nya rasa hormat terhadap guru, sesama teman, tidak mau berbagi bahkan mementingkan dirinya sendiri dan tidak perduli terhadap orang lain. Penelitian dilakukan di SDIT Rabbi Raddiyya 02, penelitian ini bertujuan untuk ;1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan program GERAK (Gemar Berinfak) dan SEGERA (Segenggam Beras) dalam menanamkan nilai qudwah di SDIT Rabbi Radhiyya 02 ;2) Untuk mengetahui strategi pelaksanaan program GERAK (Gemar Berinfak) dan SEGERA (Segenggam Beras) dalam menanamkan nilai qudwah pada siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 ;3) Untuk mengetahui apa saja implikasi kegiatan program GERAK (Gemar Berinfak) dan SEGERA (Segenggam Beras) dalam menanamkan nilai qudwah pada siswa di SDIT Rabbi Radhiyya 02 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif penelitian ini dilakukan di SD IT Rabbi Radhiiya 02. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data disini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa;1) Program GERAK (Gemar Berinfak) dan SEGERA (Segenggam Beras) dilaksanakan pada hari jum’at dengan membawa uang seikhlasnya dan segenggam beras yang nantinya akan dibagikan kepada orang yang membutuhkan; 2) Strategi yang digunakan dalam program (Gemar Berinfak) dan SEGERA (Segenggam Beras) ini yaitu menerapkan strategi membiasakan anak membawah uang dan beras, membiasakan anak untuk rajin beinfak dan sedekah, 3) Adapun implikasi dari program GERAK (Gemar Berinfak) dan SEGERA (Segenggam Beras) ini adalah dengan adanya program ini tentunya memberikan dampak positif bagi siswa maupun masyarakat karena belajar saling membantu, belajar berbagi terhadap sesama dan dapat menanamkan dalam diri siswa sikap teladan yang baik serta peduli terhadap sesama di lingkungan sosialnya. Hal ini dapat ditunjukkan dengan antusiasme yang tinggi dalam menjalankan program GERAK (Gemar Berinfak) dan SEGERA (Segenggam Beras) bahkan mereka memberi uang dan segenggam beras yang dilebihkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wulan, Wulanwulan.mhs@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:56
Last Modified: 09 Jul 2024 04:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6393

Actions (login required)

View Item View Item