Penggunaan Model Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong

Veronica, Mira (2018) Penggunaan Model Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Penggunaan Model SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intelectual) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mapel IPA Dike~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seorang siswa dalam belajar IPA dikatakan kurang berhasil apabila perubahan tingkah laku yang terjadi belum mampu menentukan kebijaksanaannya untuk mencapai suatu hasil yang telah ditetapkan secara tepat dalam waktu yang telah ditentukan. Untuk mencapai suatu hasil belajar yang maksimal, banyak aspek yang mempengaruhinya, di antaranya aspek guru, siswa, metode pembelajaran dan lain-lain. Pengamatan penulis lakukan selama mengajar di SD Negeri 22 Rejang Lebong, Model pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 22 Rejang Lebong masih menggunakan model pembelajaran yang lama di mana proses belajar mengajar hanya terpaku pada guru, siswa hanya bisa menerima materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga siswa cenderung pasif dan menganggap pelajaran IPA identik dengan hafalan. Dalam lingkup sekolah, guru mata pelajaran IPA seharusnya dapat mengajarkan IPA dengan melibatkan siswa, dengan menggunakan aktivitas praktis, memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir sendiri, sehingga siswa mampu mengembangkan ide-ide dan menyadari potensi pada dirinya, salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran SAVI. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI dan menganalisis hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan penggunaan model pembelajaran SAVI Kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri 22 Rejang Lebong. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan memaparkan data dari hasil pengamatan pra siklus dan setelah siklus 1, siklus 2 dan menyimpulan atau pemberian makna. Kesimpulan yang diperoleh adalah Hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam setelah menggunakan model pembelajaran SAVI terjadi peningkatan dari rata-rata prasiklus 51,5 setelah menggunakan model pembelajaran SAVI pada siklus I terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata hasil tes siswa sebesar 60,83 serta pada siklus II hasil tes siswa sebesar 70,17. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang terus menerus dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dari data yang telah diperoleh, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran SAVI dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI yang rata-ratanya masih rendah dan setelah menggunakan model pembelajaran SAVI terjadi hasil peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Veronica, MiraUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
ReviewerArbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model SAVI; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 30 Oct 2019 14:08
Last Modified: 30 Oct 2019 14:08
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item