Rohania, Rohania and Asha, Lukman and Gunawan, Guntur (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI ROHANIA PGMI.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Guru belum pernah menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Higher Order Thingking Skills (HOTS) siswa dalam belajar mengajar. Hal ini dapat dilihat seperti keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa masih tergolong rendah sehingga hasil belajar masih dibawah rata-rata, diskusi kelompok kurang memancing kemampuan siswa untuk memberikan ide, siswa kurang percaya diri untuk mengungkapkan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol; 2) mengetahui perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol; 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Carousel Feedback terhadap HOTS pada pelajaran IPA kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian true eksperimen Pre-test Post-test Control Group Design. Penelitian ini dilakukan kepada kelas V, yang dibagi menjadi dua kelas ,yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji Independent Sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) Kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 49,57, sedangkan untuk rata-rata kelas kontrol sebesar 50,95. dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dibawah rata-rata <65; 2) perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 86,22 sedangkan post-test kontrol 75,86. Artinya pembelajaran menggunakan model Carousel Feedback, memiliki hasil yang lebih baik; 3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Carousel Feedback siswa kelas V SDN 13 Rejang Lebong. Hal ini dapat kita ketahui dari hasil analisis Independen Sample t-Test dengan data akhir yang diperoleh yaitu nilai thitung = 5.893≥ ttabel = 1.681 dengan taraf signifikan α= 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 03:17 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 03:17 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6382 |
Actions (login required)
View Item |