Analisis Program Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Sikap Beriman dan Bertakwa bagi Anak Kelas 1 di SDIT Rabbi Radhiyya 02

Yani, Khanik Fitri and Baryanto, Baryanto and Putrajaya, Guntur (2024) Analisis Program Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Sikap Beriman dan Bertakwa bagi Anak Kelas 1 di SDIT Rabbi Radhiyya 02. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
REVISI SIDANG (1).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penguatan profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Penelitian ini dilakukan di SDIT Rabbi Radhiyya 02 khususnya pada kelas IC. Tujuan dari penelitian ini terkait penerapan Profil Pelajar Pancasila dimensi pertama, faktor pendukung maupun penghambat saat penerapannya, serta hasil dari pelaksanaan program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi. Wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian menggunakan sumber primer yang diperoleh langsung dari wawancara dengan kepala sekolah, kepala program pendidikan, guru kelas, dan pemuda kelas IC, sedangkan sumber data sekunder berasal dari wawancara dengan wali/orang tua dan dokumen kearsipan. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduki data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program profil pelajar pancasila dimensi pertama di SDIT Rabbi Radhiyya 02 sudah berjalan dengan baik dan dianggap mampu menguatkan sikap beriman dan bertakwa kepada Allah bagi anak kelas IC. Dalam penerapannya didukung oleh beberapa faktor, diantaranya sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta kerjasama yang baik antara seluruh pihak yang terkait,akan tetapi terdapat faktor penghambat yang berupa guru masih kesulitan merancang sebuah proyek yang dirancang mulai dari tema, tujuan, rencana kegiatan, penilaian serta pengembangannya. Juga adanya beberapa peserta didik yang kurang kondusif selama kegiatan pembelajaran, akan tetapi seiring berjalannya waktu hambatan tersebut sudah mendapatkan solusi yang menyelesaikan kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yani, Khanik Fitrikhanikfitriyani@students.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:17
Last Modified: 29 Aug 2024 04:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6372

Actions (login required)

View Item View Item