Pelaksanaan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 124 Rejang Lebong

Natalia, Dia (2019) Pelaksanaan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Tematik di kelas IV SDN 124 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 124 REJANG LEBONG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik tema cita-citaku di kelas IV SDN 124 Rejang Lebong, apakah kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian autentik dan bagaimana solusinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adala reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran tematik yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kompetensi sikap melalui teknik observasi, penilaian diri, dan penilaian jurnal. Pada penilaian kompetensi pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan dan penugasan. Pada kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik unjuk kerja, penilaian projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Kendala terletak pada prosedur penilaian yang rumit, masalah pembagian waktu karena dalam penilaian autentik banyak aspek yang dinilai sehingga membutuhkan waktu lebih, penilaian autentik juga rumit untuk membuat pembelajaran jadi kondusif, instrumen penilaian yang rumit. Solusi untuk mengatasinya dengan melakukan pelatihan tentang kurikulum 2013, sarana dan prasarana harus memadai, pembelajaran yang mudah untuk dikondisikan, peran kepala sekolah sebagai pendamping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Natalia, DiaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDArbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: penilaian autentik; pembelajaran tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 30 Oct 2019 14:07
Last Modified: 30 Oct 2019 14:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item