Watesya, Reti and Asha, Lukman and Hartati, Meri (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Kartika Bangun Rejo. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Skripsi Reti Watesyah_20591153_PGMI.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA karena model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Kartika Bangun Rejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kartika Bangun Rejo yang berjumlah 35 siswa dan sampelnya adalah kelas VB yang berjumlah 16 siswa dan kelas VA yang berjumlah 19 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probality sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji hipotesis Independent T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perubahan pada siswa sesudah menggunakan model pembelajaran children learning in science, siswa mulai banyak aktif untuk bertanya jawab dan menyampaikan gagasannya. Diketahui hasil observasi guru dan siswa adalah 56 hasil perhitungan rating scale nilainya adalah 80 masuk kategori baik. (2) Hasil uji Independent sampel t-test diketahui nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas V SD Kartika Bangun Rejo. (3) Berdasarkan uji N-Gain kelas eksperimen memperoleh rata-rata 65,83 persen yang termasuk dalam tafsiran efektivitas N-Gain yakni cukup efektif. Sedangkan rata-rata N-Gain kelas kontrol 24,32 persen yang termasuk dalam tafsiran efektivitas N-Gain yakni tidak efektif. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran children learning in science lebih efektif digunakan dari pada model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 08:10 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:10 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6368 |
Actions (login required)
View Item |