Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran PPKN Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas IV MIS GUPPI 13 Tasik Malaya

Astuti, Sindi Febri and Baryanto, Baryanto and Putrajaya, Guntur (2024) Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran PPKN Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas IV MIS GUPPI 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi sindy febri.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran ppkn berbasis Kurikulum Merdeka Belajar, penerapan sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran ppkn berbasis Kurikulum Merdeka Belajar, dan hambatan-hambatan yang dihadapi guru ppkn dalam mengintegrasikan sikap spiritual dan sikap sosial dalam pembelajaran ppkn. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ppkn di kelas IV Mis guppi 13 Tasik Malaya. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Data yang terdapat dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data yang bersumber dari bahan kepustakaan. Data-data yang diperoleh tersebut dipaparkan dengan bahasa penulis sendiri dengan tetap berpedoman pada aturan penulisan karya ilmiah. Langkah dalam teknik analisis data yaitu, reduksi data, Penyajian data, dan verifikasi.Hasil Penilaian sikap peserta didik dilakukan pencatatan dalam format penilaian sikap terkait sikap peserta didik. Selajutnya format penilaian sikap yang sudah memuat sikap peserta didik dijadikan pedoman pendidik untuk menetapkan hasil penilaian sikap. Hasil penilaian sikap yang sudah ditetapkan pendidik. Bentuk hasil penilaian sikap dikonversi berupa prediket, yaitu SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang). Pendidik mendeskripsikan hasil penilaian sikap yang memuat sikap peserta didik yang muncul selama pembelajaran. Pendidik di MIS Guppi No 13 Tasik Malaya sudah sesuai ketentuan dalam mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penilaian sikap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Astuti, Sindi Febrisindyfebriastuti@students.iaincurup.ac.id
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:27
Last Modified: 08 Jul 2024 04:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item View Item