Pengaruh Prestasi Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri L. Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas

Pramudiani, Alvionika and Mustar, Saidil and Maryati, Ana (2024) Pengaruh Prestasi Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri L. Sidoharjo Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan harus mencakup aspek akhlak atau perilaku dan sikap, bukan hanya terkait bertambahnya ilmu pengetahuan, sehingga dapat menjadikan anak sebagai manusia yang berakhlak mulia, berilmu dan bertaqwa. Tapi masih banyak juga siswa yang melakukan Tindakan kurang baik. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut. Adakah pengaruh prestasi belajar kognitif Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri L. Sidoharjo? Menurut Al-Ghazali dalam menjelaskan kata al-Khalqu (ciptaan, makhluk) dan al-Khuluqu (akhlak) itu adalah dua contoh yang bisa dipergunakan secara bersama-sama dalam satu rangkaian kalimat. Seperti diucapkan, “Pulan itu bagus bentuknya dan juga akhlaknya”. Yang dimaksud dengan al-Khalqu merupakan bentuk lahiriah, adapun yang dimaksud dengan al-Khuluqu merupakan bentuk batiniah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan istilah lain yang sering digunakan adalah total sampling dan sensus. Dalam penelitian ini diambil sebanyak 140 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Dengan menggunakan teknik analisis data t-test dan korelasi product moment. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukan nilai r_xy 0,641 yang masuk kedalam tabel interpretasi 0,600 – 0,799 yang menunjukan indikator hubungan tinggi. Dalam hasil pengujian uji t didapat nilai dengan hasil 4,620, diketahui t tabelnya adalah dengan taraf signifikan0,05 dengan Dk: 140. Maka besar t tabelnya adalah 1,977. Ternyata besar t hitung lebih besar dari t tabel. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan, dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Dengan demikian, ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar kognitif PAI dengan akhlak siswa. Pengaruh di sisni adalah bahwasanya prestasi belajar kognitif PAI memiliki pengaruh positif terhadap akhlak siswa di SMP N L. Sidoharjo. Adapun Koefisien Determinasi diperoleh sebesar 41,1%. Maka dapat diartikan bahwa pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Akhlak Siswa sebesar 41,1% sedangkan 58,9% dipengaruhi variable lain. Kata kunci: Prestasi Belajar Kognitif, Akhlak Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Pramudiani, Alvionikaalvionika.pramudiani@students.iaincurup.ic.id
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:09
Last Modified: 09 Jul 2024 04:09
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6361

Actions (login required)

View Item View Item