Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 136 Rejang Lebong

Sari, Maya (2019) Penerapan Pendekatan Pengalaman Berbahasa Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 136 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA P.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap anak. Kemampuan berbahasa anak merupakan suatu hal yang penting karena dengan bahasa tersebut anak dapat berkomunikasi dengan teman atau orang-orang disekitarnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pendekatan pengalaman berbahasa yang dilakukan oleh guru dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa siswa kelas III SD Negeri 136 Rejang Lebong, (2) Untuk mengetahui kemampuan berbahasa siswa pada aspek keterampilan berbicara dan aspek keterampilan menulis Kelas III SD Negeri 136 Rejang Lebong setelah diterapkannya pendekatan pengalaman berbahasa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus, yang dilaksanakan di SD Negeri 136 Rejang Lebong. Setiap siklusnya dilakukan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III, berjumlah 21 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata skor kemampuan guru dan siswa dalam pembelajaran, dengan skala penilaian baik pada skor 3, cukup pada skor 2, dan kurang pada skor 1. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pengalaman berbahasa selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. (2) Kemampuan berbahasa siswa pada aspek keterampilan berbicara selalu mengalami peningkatan setiap siklusnya. Ini terlihat dari siklus I pada pertemuan I rata-rata kemampuan berbicara siswa yaitu 18 dengan kriteria “Cukup” dengan persentase 30% dan rata-rata kemampuan berbicara siswa pada siklus I pertemuan II yaitu 19 dengan kriteria “Baik”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berbahasa siswa pada aspek keterampilan berbicara baik pada pertemuan I maupun pertemuan II yaitu dengan rata-rata siklus II pertemuan I yaitu 21 dan Siklus II pertemuan II yaitu 23 dengan kriteria “Baik”. Serta Hasil kemampuan berbahasa pada aspek keterampilan menulis juga mengalami peningkatan Ini terlihat dari siklus I pada pertemuan I rata-rata kemampuan menulis siswa yaitu 17 dengan kriteria “Cukup” dan rata-rata kemampuan menulis siswa pada siklus I pertemuan II yaitu 19 dengan kriteria “Baik”. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berbahasa siswa pada aspek keterampilan menulis baik pada pertemuan I maupun pertemuan II yaitu dengan rata-rata siklus II pertemuan I yaitu 21 dan Siklus II pertemuan II yaitu 21 dengan kriteria “Baik”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, MayaUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerSusilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
ReviewerSaripah, SaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan; Pengalaman Berbahasa; Keterampilan Berbahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 30 Oct 2019 14:07
Last Modified: 30 Oct 2019 14:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item