Optimalisasi Pembelajaran di SDN 13 Rejang Lebong Melalui Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar

Sari, Rica Helvyana and Sahib, Abdul and Deriwanto, Deriwanto (2024) Optimalisasi Pembelajaran di SDN 13 Rejang Lebong Melalui Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI RICA HELVYANA SARI_PGMI_20591156.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas 4 SDN 13 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui proses adaptasi kurikulum merdeka belajar di SDN 13 Rejang Lebong; 2) Mengetahui hambatan yang dihadapi dalam upaya optimalisasi pembelajaran di SDN 13 Rejang Lebong; 3) Mengetahui dampak dari optimalisasi pembelajaran dengan kurikulum merdeka belajar terhadap pencapaian siswa di SDN 13 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas dan siswa kelas 4A dan 4B. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber, teknik, serta waktu. Dan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Proses adaptasi kurikulum merdeka belajar di SDN 13 Rejang Lebong bisa dikatakan baik sesuai dengan yang diharapkan walaupun masih perlu perbaikan agar lebih maksimal, hal itu bisa dilihat dari a. partisipasi siswa-siswi dalam pembelajaran berjalan dengan aktif dan antusias, b. pembelajaran yang efektif, pada saat pembelajaran guru perlu menyiapkan perangkat pembelajaran, c. tidak adanya ketertinggalan peserta didik; 2) Hambatan yang sering dihadapi dalam upaya optimalisasi pembelajaran di SDN 13 Rejang Lebong yaitu terdapat pada faktor internal dan eksternal siswa, faktor internal yang menjadi penghambat yaitu 1) keaktifan siswa, 2) perbedaan latar belakang dan karakter siswa yang berbeda-beda. Dan faktor eksternal yang menjadi penghambat yaitu 1) orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya, 2) media pembelajaran dan sarana prasarana yang kurang mendukung; 3) Dampak dari optimalisasi pembelajaran dengan kurikulum merdeka belajar terhadap pencapaian siswa dapat dilihat dari: a. hasil belajar siswa, b. perubahan karakter siswa, dan c. pengembangan bakat siswa. Kata Kunci : Optimalisasi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Rica Helvyanaricahelvyanasari@students.iaincurup.ac.id
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Deriwanto, Deriwantoderiwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:36
Last Modified: 08 Jul 2024 03:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item