Konsep pendidikan akhlak dalam kitab washoya al-aba'lil abnaa karya Syaikh Muhammad Syakir Al-iskandari

Andika, Andika and Masudi, Masudi and Maryati, Ana (2024) Konsep pendidikan akhlak dalam kitab washoya al-aba'lil abnaa karya Syaikh Muhammad Syakir Al-iskandari. Sarjana thesis, insitut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full teks.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di era kontemporer saat ini lebih menekankan pada aspek kognitif semata, namun sayang sekali jika kurang seimbang dengan seluk-beluk moral, budaya, dan spiritual. Pendidikan dan pendekatan sangat penting dalam situasi ini. Salah satu contohnya adalah surat wasiat yang terdapat dalam kitab Washoya Al-Aba'lil Abnaa karya Syaikh Muhammad Syakir Al-iskandri. Kurikulum ini mencakup cita-cita pendidikan akhlak, termasuk ajaran tentang akhlak terhadap Allah SWT, Rosullulah Saw, dan manusia lainnya. Nilai-nilai ini sangat penting baik dalam lembaga pendidikan Islam tradisional maupun lembaga Pendidikan moderen, sebagai landasan kehidupan masa depan individu dalam masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagiamana konsep Pendidikan akhlak dalam kitab Washoya Al-Aba’lil Abnaa karya Syaikh Muhammad Syakir Al-iskandari. Penelitian ini menggunakan pendekatan library reseach atau penelitian kepustakaan. Adapun teknik analisis adalah metode analisis isi. Sumber data utama penelitian ini adalah kitab Washoya Al-Aba’lil Abnaa karya Syakih Muhammad Syakir Al-iskandari, sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku-buku yang berkaitan serta jurnal dan artikel ilmiah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kitab “Washoya Al-Aba’lil Abnaa” karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari menyajikan konsep pendidikan akhlak yang meliputi penanaman kebajikan seperti Taqwa (kesadaran Tuhan), Tawakal (ketergantungan pada Tuhan), Syukur, Sabar, dan Taat kepada Allah SWT. Selain itu, buku ini menekankan pendidikan akhlak yang berkaitan dengan Nabi Muhammad Saw, antara lain ketaatan kepadanya, kecintaan terhadap Sunnah (ajaran dan amalan) serta penghormatan terhadap keluarganya. Pendidikan moral memerlukan tanggung jawab untuk menumbuhkan nilai-nilai etika terhadap orang tua, guru, dan teman sebaya dalam lingkungan pendidikan. Kata Kunci: Konsep Pendidikan, akhlak, Syakir Al-iskandari

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Andika, Andikaandika@studenst.iaincurup.ac.id
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
Maryati, Anaanamaryati@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:30
Last Modified: 08 Jul 2024 03:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6351

Actions (login required)

View Item View Item