Pengaruh Kepribadian, Religiusitas dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Belanja Online Dengan Persepsi Diri Sebagai Variabel Moderating

Ani Yunita, Dela and Ilhamiwati, Mega and Andriko, Andriko (2024) Pengaruh Kepribadian, Religiusitas dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Belanja Online Dengan Persepsi Diri Sebagai Variabel Moderating. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text (PENGARUH KEPRIBADIAN, RELIGIUSITAS DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE DENGAN PERSEPSI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERATING)
fulltext.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Minat belanja atau yang lebih dikenal dengan minat beli berhubungan dengan rencana dan keinginan konsumen untuk membeli produk tertentu. Berbelanja pada saat ini tidak hanya dilakukan offline tetapi juga bisa dilakukan secara online melalui e-commerce. Munculnya kemudahan bertransaksi jual beli mampu mengubah kepribadian dan persepsi diri seseorang dalam berbelanja. Lingkungan sosial dengan tingkat religiusitas dapat mempengaruhi minat seseorang dalam berbelanja. Penelitian ini untuk melihat pengaruh kepribadian, religiusitas, dan lingkungan sosial terhadap minat belanja online dengan persepsi diri sebagai variabel moderating. Pendekatan penelitian ini yaitu menggunakan kuantitatif dengan teknik kausal correlation (sebab-akibat), data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasantriwati angkatan 2021 & 2022 Ma'had Al-Jami’ah IAIN Curup berjumlah 220 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 122 orang diambil berdasarkan tabel isaac dan michael dengan tigkat kesalahan 10%. Instrumen penelitian menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kepribadian (X1) dan religiusitas (X2) memiliki tingkat signifikan lebih dari 0.05 dan nilai T-statistik lebih kecil dari 1.96, sedangkan lingkungan sosial (X3) dan persepsi diri (Z) memiliki tingkat signifikan lebih dari 0.05 dan T-statistik lebih besar dari 1.96. Variabel Persepsi diri (Z) dalam memoderasi variabel kepribadian (X1) terhadap minat belanja online (Y) memiliki tingkat signifikan lebih kecil dari 0.05 dan T-statistik lebih besar dari 1.96, Religiusitas (X2), dan lingkungan sosial (X3) terhadap minat belanja (Y) memiliki tingkat signifikan lebih besar dari 0.05 dan nilai T-statistik lebih kecil dari 1.96. Hal ini menunjukan bahwa variabel kepribadian terhadap minat belanja online tidak berpengaruh signifikan, variabel religiusitas terhadap minat belanja online tidak berpengaruh signifikan. Variabel lingkungan sosial terhadap minat belanja online berpengaruh signifikan, variabel persepsi diri terhadap minat belanja online berpengaruh signifikan. Variabel kepribadian, religiusitas, lingkungan sosial, dan persepsi diri memiliki pengaruh terhadap minat belanja online secara simultan. Persepsi diri memoderasi hubungan antara kepribadian dan minat belanja online, variabel persepsi diri tidak dapat memoderasi hubungan antara religiusitas terhadap minat belanja online, dan persepsi diri tidak dapat memoderasi hubungan lingkungan sosial terhadap minat belanja online. Kata Kunci: Kepribadian, Religiusitas, Lingkungan Sosial, Minat Belanja Online, Persepsi Diri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ani Yunita, Deladelaaniyunita@students.iaincurup.ac.id
Ilhamiwati, Megamega83.teyze@gmail.ac.id
Andriko, Andrikoandriko@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:31
Last Modified: 19 Aug 2024 08:31
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item