Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Hafalan Hadis dalam Program Bina Pribadi Islam (Bpi) Smk It Khoiru Ummah

kusmita, neli and Abdurahman, Abdurahman and Daheri, Mirzon (2024) Implementasi Metode Talaqqi dalam Meningkatkan Hafalan Hadis dalam Program Bina Pribadi Islam (Bpi) Smk It Khoiru Ummah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari penerapan metode talaqqi SMK IT Khoiru Ummah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan hadis dalam program bina pribadi islam (BPI)SMK IT khoiru Ummah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data meliputi (1) Observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Jenis dan sumber yang di gunakan peneliti yaitu: (1) Data primer, (2) data sekunder, yaitu (a) reduksi data, (b) penyajian data, (c) menarik kesimpulan. Pada teknik keabsahan data dalam penelitian ini pemeriksaan dengan melakukan triangulasi . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan hadis dalam program bina pribadi islam SMK IT Khoiru Ummah: 1. Implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan hadis dalam program bina pribadi Islam di SMK IT Khoiru Ummah, ada tiga tahapan yaitu : (1) Pembukaan (persiapan) di tahap persiapan ini pembawa acara yang mengatur jalannya acara pelaksanaan bina pribadi islam dalam membaca hadis menggunakan metode talaqqi sudah diberikan tugas oleh pembina. (2). Pelaksanaan Pembelajaran di tahap pelaksanaan pembelajaran terdapat tiga tahapan: petama, siswa dapat menambah hafalan baru dengan adanya memnambah hafalan baru dapat melihat peningkatan siswa menghafal hadis dengan menggunakan metode talaqqi, kedua murojaah hafalan dengan murojaah dapat membantu siswa dalam proses evaluasi karena di tahapan evaluasi tergantung pembinanya bisa tertulus dan bisa lisan, ketiga evaluasi dengan adanya tahapan evaluasi bisa membantu guru melihat kemampuan siswa menghafal. (3). Penutup di tahap penutup ini pembina menutup pelaksanaan bina pribadi islam. 2. Hasil implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan hadis menggunakan metode talaqqi terbukti meningkatkan hafalan hadis peserta didik. Hal ini terbukti dari catatan pada buku jurnal dan nilai penilaian tengah semester (PTS). Kemudian setelah dievaluasi implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan hafalan hadis dalam program bina pribadi islam sangat meningkat dengan jumlah 13 peserta didik yang sudah menyetorkan hadis dan 10 orang yang belum mulai menyetorkan hadis di kelas X kenapa di nyatakan meningkat karena di kelas X peserta didik mulai menghafal hadis tidak semua peserta didik kelas X alumni pesantren yang sudah mulai menghafal hadis dan dengan adanya evaluasi di setiap akhir semester untuk mempermudah siswa pada saat melaksanakan ujian praktik di kelas XII. Kata Kunci :Implementasi, metode talaqqi, meningkatkan hafalan hadis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
kusmita, nelinelikusmita@students.iaincurup.ac.id
Abdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:21
Last Modified: 05 Jul 2024 03:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item