Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah Dalam Pengembangan Kemampuan Seni Membaca Al Quran Peserta Didik di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup

Panji Sultansyah, Panji Sultansyah and Nurjannah, Nurjannah and Amrullah, Amrullah (2024) Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah Dalam Pengembangan Kemampuan Seni Membaca Al Quran Peserta Didik di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyak peserta didik yang memiliki kesulitan dalam membaca Al Quran, kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua dalam membaca Al Quran serta minat dari peserta didik untuk mengikuti ekstrakurikuler tilawah ini masih sangat minim berjumlah 15 orang kelas atas dan 5 orang kelas bawah di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup, padahal tilawah merupakan salah satu metode yang tepat untuk mengatasi masalah bagi peserta didik yang belum bisa membaca Al Quran dengan lancar secara baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui Implementasi Ekstrakurikuler tilawah untuk meningkatkan kemampuan seni membaca Al Quran peserta didik di Sekolah Dasar Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. (2) Untuk mengetahui kemampuan seni membaca Al Quran peserta didik setelah mengikuti ekstrakurikuler tilawah di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. (3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan seni membaca Al Quran peserta didik di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup, Ustadz/Ummi SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Curup, dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik (metode). Hasil penelitian ini memperoleh simpulan bahwa : 1) Kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler tilawah di SD Unggulan ‘Aisyiyah Taman Harapan Currup ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu kegiatan awal, inti dan penutup melalui pendekatan klasikal dan pendekatan individual dengan teknik baca sima’. 2) Kemampuan seni membaca Al Quran peserta didik dalam pembelajaran tilawah Quran ini sudah cukup baik, bagus dan lancar. Banyak peserta didik yang sudah mampu menguasai makharijul huruf, tajwid, tartil, lancar, fashohah, gharib dan musykilat, serta lagu dan suara bayyati, nahawand, hijaz, rost, sika dengan baik dan benar. 3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam seni baca Al Quran pada saat pembelajaran tilawah Al Quran terbagi dua yaitu dari internal yaitu suara, nafas yang jernih kecemburuan sesama teman, minder, kelelahan sering kali mempengaruhi dalam proses pembelajaran tilawah. Kalau untuk faktor dari luarnya peserta didik yang tidak mendapat dukungan dari orang tuanya, jadwal sekolah yang cukup padat, dan pengaruh dari pertemanan juga membuat peserta didik ini terkesan malas dalam mengikuti proses pembelajaran tilawah. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Tilawah, Seni Membaca Al Quran

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Panji Sultansyah, Panji Sultansyahpanji.sultansyah99@gmail.com
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:25
Last Modified: 05 Jul 2024 03:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6295

Actions (login required)

View Item View Item