Integrasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembeljaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya pada Prilaku Siswa Di SDN 01 Rejang Lebong

Marhamah, Revan and Siswanto, Siswanto and Karliana, Indrawari (2024) Integrasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembeljaran Pendidikan Agama Islam dan Implikasinya pada Prilaku Siswa Di SDN 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama islam Negeri Curup.

[img] Text
Revan Marhamah _ 20531134.pdf

Download (3MB)

Abstract

REVAN MARHAMAH, NIM 20531134” Integrasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembeljaran Pendidikan Agama Islam Dan Implikasinya Pada Prilaku Siswa Siswa Di SDN 01 Rejang Lebong”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Curup Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SDN 01 Rejang Lebong. Tujuan penelitian ini pertama, untuk mengevaluasi integrasi profil Pancasila dalam pembelajaran PAI. Kedua, menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya Integrasi Profil Pancasila dalam pembelajaran PAI. Ketiga, mengetahui implikasinya terhadap kemampuan komunikasi siswa di SDN 01 Rejang Lebong. Penelitian ini didasari oleh kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia, di mana Pancasila cenderung menjadi lambang formalitas tanpa aplikasi dalam kehidupan masyarakat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Sumber data menggunakan data primer dari wawancara dengan guru PAI, Guru P5, dan siswa, serta sumber data sekunder. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa. Teknik pengumlan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi/kesimpulan. Tringulasi data dalam penelitian ini yaitu tringulasi sumber, tempat dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, bahwa integrasi profil Pancasila telah berhasil diterapkan dengan menerapkan nilai-nilai iman, takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia, tercermin dalam perilaku siswa terhadap tanaman dan lagu persatuan. Guru juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dengan tugas terkait nilai Islami. Kedua, Dalam aktivitasnya terdapat faktor penghambat seperti kurangnya pemahaman guru terhadap Pancasila, keterbatasan waktu pembelajaran, dan ketidakmenerimaan beberapaguru terhadap perubahan dalam sistem pendidikan. Ketiga, Implikasi dari profil Pancasila terhadap kemampuan komunikasi siswa adalah meningkatnya keberanian siswa dalam menyampaikan pendapat, menunjukkan bahwa integrasi Pancasila sangat berpengaruh kepada prilaku siswa. Kata Kunci: Integrasi, Profil Pelajara Pancasila, Pembelajaran PAI,Prilaku Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marhamah, Revanrevanhernandes08@gmail.com
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Karliana, Indrawarikarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BT Doctrinal Theology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun9
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:30
Last Modified: 05 Jul 2024 03:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item View Item