Implementasi Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) dalam Upaya Penguatan Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MIN 1 Rejang Lebong

Putri, Dela Dwi and Ratnawati, Ratnawati and Oktori, Agus Riyan (2024) Implementasi Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) dalam Upaya Penguatan Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MIN 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full Tex .pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Della Dwi Putri( 20591043): “Implementasi Strategi KWL (Know-Want To Know-Learned) Dalam Upaya Penguatan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas lll MIN 1 Rejang Lebong.” Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Intidaiyah IAIN Curup Kemampuan membaca merupakan perkembangan sesorang dalam memahami pengetahuan, membantu dalam berkomunikasi dan berbahasa. Terdapat beberapa siswa dari kelas 3 masih kurang dalam memahami suatu bacaan. Sehingga hal ini menjadi perhatian khusus guru kepada siswa dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi strategi KWL (Know Want To Know-Learned) dalam upaya penguatan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III MIN 1 Rejang Lebong, serta faktor penghambat dalam implementasi strategi KWL (Know Want To Know Learned) dalam upaya penguatan kemampuan membaca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III MIN 1 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakanan teknik pengumpulan data berupa data wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi/menarik kesimpulan. Serta menggunakan teknik uji keabsahan berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik dan truangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini bahwa(1) Implementasi strategi KWL (Know Want To Know Learned) berperan penting dalam kemampuan membaca siswa. Adapun perananya berupa perencanaan yang maksimal dan pelaksanaan strategi yang terarah dan tersusun secara sistematis sesuai dengan perencanaan serta hasil evaluasi yang diperoleh siswa berupa perkembangaan siswa dalam memahami bacaan. Adapun langkah-langkah strategi KWL (Know Want To Know Learned) yaitu langkah Know (Prabaca), langkah Want ( Saat Baca), dan langkah Learned (Pascabaca). (2) Faktor penghambat dalam implementasi strategi KWL (Know Want To Know Learned) kurangnya pengawasan dan juga keterampilan pendidik dalam mengajar dan harus memiliki suara yang keras bagi pendidik untuk dapat menjelaskan kepada peserta didik dan keterbatasan sumber daya seperti ketersediaan buku bacaan yang sesuai dengan tingkat kelas III dan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Dela Dwidwiputridella59@students.iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:46
Last Modified: 08 Jul 2024 03:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6288

Actions (login required)

View Item View Item