Brand Image dan Strategi Promosi Sekolah dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepahiang

Susanti, Fitri and Mustar, Saidil and Sumarto, Sumarto (2024) Brand Image dan Strategi Promosi Sekolah dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepahiang. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Curup.

[img] Text (Pdf)
Fitri Susanti.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Fitri Susanti, NIM 22861008, Brand Image Dan Strategi Promosi Sekolah Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru Pada Madrasah Aliyah Negeri 01 Kepahiang, tesis, Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 2024, 134 halaman. Brand Image dan strategi Promosi Sekolah merupakan upaya dalam memperkenalkan sekolah pada masyarakat dan menarik minat peserta didik baru. Brand Image yang di tonjolkan di MAN 1 Kepahiang adalah pelaksanaan budaya religius seperti pembiasaan Sholat Duha, Zuhur, dan Ashar Berjamaah, Tahsin dan Tahfidz Qur’an, Safari Jumat dan Al Barzanji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Brand Image dan Strategi Promosi yang di terapkan di MAN 1 Kepahiang dan bagaimana implikasinya terhadap minat calon peserta didik baru pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada kepala madrasah, waka kesiswaan, ketua tim promosi, Anggota tim promosi, dan wali siswa. Observasi lapangan, serta pengumpulan dokumentasi berupa foto-foto kegiatan, brosur PPDB, dan RESTRA. Uji keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triagulasi. Penelitian ini juga menggunakan buku, jurnal, dan dokumen pendukung lainnya sebagai subjek sekunder penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 1 Kepahiang memiliki program unggulan dan strategi promosi sekolah yang bagus. Namun belum dapat memenuhi target penerimaan siswa baru setiap tahunnya dikarenakan beberapa kendala diantaranya letak strategis sekolah dan juga minat wali siswa untuk lebih memilih menyekolahkan anaknya ke SMK. Untuk menarik minat siswa dan brand image MAN 1 Kepahiang dapat diperbaiki dengan strategi alumni, mengefektifkan promosi online, dan mengadopsi strategi yang diterapkan oleh sekolah-sekolah unggulan. MAN 1 Kepahiang juga perlu membuat slogan yang mudah di ingat masyarakat. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu Madrasah Aliyah Negeri 1 Kepahiang dan lembaga pendidikan lainnya dalam meningkatkan brand image mereka dan merancang strategi promosi yang efektif untuk meningkatkan minat peserta didik baru. Kata Kunci: Brand Image, Strategi, PPDB

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, Fitrifitrisusanti15@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Sumarto, Sumartosumarto.pasca@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:55
Last Modified: 08 Jul 2024 04:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item