Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X SMAN 5 Kota Bengkulu

Agustian, Haris and Hajjah, Dina and Azwar, Beni (2022) Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X SMAN 5 Kota Bengkulu. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS HARIS AGUSTIAN (1) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Haris Agustian, NIM. 20811007, Penerapan Pendidikan Karakter melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas X SMAN 5 Kota Bengkulu, Tesis, Program Studi Pascasarjana Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Institut Agama Islam Negeri Curup Tahun 2022. 119 Halaman. Pendidikan karakter merupakan salah satu program pemerintah yang pelaksanaannya diterapkan melalui lembaga pendidikan yang dimulai dari level terendah sampai ke tingkat perguruan tinggi, dan Kedisiplinan Peserta Didik dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan sehingga proses belajar yang ditempuh benar-benar memperoleh hasil yang optimal khususnya dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah yang banyak dipengaruhi oleh komponen belajar mengajar, misalnya siswa, guru, sarana dan prasarana belajar. Tentu dalam pelaksanaannya, kedisiplinan tidak serta merta langsung terwujud tanpa ada usaha yang dilakukan suatu lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Jenis Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder data primer. Sumber data yang diambil dari Dokumentasi, Narasumber. Adapun Teknik yang digunakan peneliti dalam mengumpulkan data: 1. Observasi, 2. Wawancara, da yang ke 3.Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh melalui observasi dan data dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh data mengenai gambaran layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik sehingga diharapkan bisa berubah agar peserta didik memiliki kedisiplinan yang baik. Dengan hal demikian diharapkan akan terlaksana sesi bimbingan kelompok secara sukarela dan tercapainya layanan bimbingan dan konseling. Setelah selesai melakukan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok ternyata hasil yang didapat cukup baik walaupun belum maksimal, karena dilihat dari pengamatan yang ada bahwa peserta didiknya yang tahap demi tahap dapat merubah perilakunya yang negatif menjadi perilaku positif. Peserta didik yang tadinya sering melanggar tata tertib seperti datang terlambat, membolos, merokok dan sebagainya ternyata bisa merubah perilaku ke yang lebih baik, seperti tidak datang terlambat, tidak merokok disekolah, tidak membolos lagi, sehingga sangat membantu peserta didik agar dapat belajar dan memperoleh prestasi yang baik di sekolah. Selain itu peserta didik menjadi lebih disiplin dan percaya diri dalam segala kegiatan belajar mengajar disekolah. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Kedisiplinan dan Bimbingan Kelompok

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Agustian, Harisharisagustian@students.iaincurup.ac.id
Hajjah, Dinadinahajjah@iaincurup.co.id
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Bimbingan_Konseling_Pendidikan_Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 05 Jul 2024 03:07
Last Modified: 05 Jul 2024 03:07
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6280

Actions (login required)

View Item View Item