Konsep Pendidikan Sosial Dalam Qs. Al-Hujurat (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab)

Kinanti, Agnestya Anggun and Hakim, Ihsan Nul and Putra, Alven (2024) Konsep Pendidikan Sosial Dalam Qs. Al-Hujurat (Studi Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (846kB)

Abstract

Pendidikan sosial adalah pendidikan penting yang harus ditanamkan dalam setiap diri individu agar dapat hidup harmonis dan sejahtera dalam masyarakat. Namun, tidak sedikit banyaknya masih terdapat permasalahan pendidikan sosial seperti kekerasan di sekolah, narkoba, tawuran, dan diskriminasi. Permasalahan ini bisa berdampak negatif pada anak, termasuk pada psikologis dan fisik mereka, serta masa depan mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memberikan pendidikan sosial yang meningkatkan rasa persaudaraan, peduli, tolong-menolong, berjiwa sosial, empati, dan tanggung jawab pada etika dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran surah al-Hujurat dan konsep pendidikan sosial yang dikaji dan dijelaskan melalui perspektif Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Penelitian ini adalah penelitian library risearch yaitu penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan kualitatif dimana sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu Tafsir Al-Misbah dan sumber data sekunder yang dapat mendukung sumber data primer. Kemudian, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tafsir tematik (Maudhu’i), untuk selanjutnya dianalisis dengan metode berpikir deduktif untuk mendapatkan kesimpulan yang spesifik. Pada penelitian ini ditemukan hasil bahwa surah al-Hujurat adalah surat ke-49 dalam Al-Quran yang terdiri dari 18 ayat. Surah ini memiliki tema utama tentang tata krama dalam menghormati Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Ada 7 ayat dengan asbabun nuzul yang berbeda-beda menurut Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Surah ini menekankan nilai-nilai persaudaraan, persatuan, dan saling menghormati dalam kelompok Muslim. Tafsir Al-Misbah mencakup 4 kelompok dengan tema yang berbeda di dalamnya. Surah ini juga memuat konsep penting dalam pendidikan sosial yang terdiri dari nilai-nilai pendidikan sosial, tujuan pendidikan sosial, dan unsur-unsur pendidikan sosial. Kata Kunci: Pendidikan Sosial, QS. Al-Hujurat, Tafsir Al-Misbah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kinanti, Agnestya Anggunagnestya.anggun@students.iaincurup.ac.id
Hakim, Ihsan NulIhsannulhakim@iaincurup.co.id
Putra, Alvenalvenputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:39
Last Modified: 04 Jul 2024 02:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6271

Actions (login required)

View Item View Item