Konsep Pendidikan Sosial Dalam Qs. Al-Hujurat Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Dalam Pembelajaran Pai untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik pada Abad 21 Di Sd Negeri 1 Sumber Harta

Rofiah, Ayu and Yanuarti, Eka and Din, Cik (2024) Konsep Pendidikan Sosial Dalam Qs. Al-Hujurat Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Dalam Pembelajaran Pai untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik pada Abad 21 Di Sd Negeri 1 Sumber Harta. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext Ayu Rofiah 20531023 PAI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Abstrak Model pembelajaran Active Learning adalah suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya komunikasi peserta didik yang pasif. Pertanyaan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Abad 21 Di SD Negeri 1 Sumber Harta, 2) Apa Faktor pendukung dan penghambat Model Pembelajaran Active Learning Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Abad 21 Di SD Negeri 1 Sumber Harta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan field Research. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAI dan siswa siswi kelas IV SD Negeri 1 Sumber Harta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah observasi kelas dan peserta didik. Dan data sekunder dalam penelitian ini adalah jurnal penelitian terkait dan buku tentang active learning dan Pendidikan Agama Islam. Kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data. Adapun hasil penelitian yaitu ada 3 tahapan pembelajaran, tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dimana peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok berjumlah 4-5 orang, guru memberikan tugas proyek dan memberi waktu berdiskusi secara kelompok untuk bertukar pikiran, kemudian membahas hasil diskusi di depan kelas, dan teman yang lainya menyimak dan memberikan tanggapan kepada teman yang maju didepan kelas secara bergantian, dan terkahir penutup. Dari ketiga tahapan tersebut guru dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk saling berinteraksi dan tampil percaya diri didepan kelas. Adapun faktor pendukung dalam menerapkan model pembelajaran active learning yaitu penggunaan alat peraga atau metode dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah keterbatasan waktu dan latar belakang peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajran Active Learning , Penerapan, Komunikasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rofiah, Ayuayu.rofiah@students.iaincurup.ac.id
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Din, CikUNSPECIFIED
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:43
Last Modified: 04 Jul 2024 02:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6259

Actions (login required)

View Item View Item