Analisis Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Pai Siswa di SMP Negeri 3 Rejang Lebong

MS, Febriyanti Dwi and Kusen, Kusen and Karliana, Indrawari (2024) Analisis Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Pai Siswa di SMP Negeri 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Dwi Febriyanti MS 20531046fik.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Dwi Febriyanti MS 20531046fik.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama mengetahui analisis model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kreativitas belajar PAI Siswa kelas VII B Di SMP Negeri 3 Rejang Lebong. Kedua mengetahui faktor pendukung dan penghambat analisis model Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kreativitas belajar PAI Siswa kelas VII B Di SMP Negeri 3 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan Kredebilitas Data menggunkan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Analisis model Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa bahwa dengan menerapkan model Project Based Learning dalam pembelajaran PAI telah dilaksanakan dengan baik. hal ini tercermin dari terlaksananya pembelajaran sesuai dengan Langkah-langkah model Project Based Learning: Start With the Essential Question (Penentuan Pertanyaan Mendasar), Design a Plan for the Project (Merancang Perencanaan Proyek), Create a Schedule (Menyusun Jadwal), Monitor the Students and the Progress of the Project (Mengawasi peserta didik dan kemajuan proyek), Assess the Outcome (Penilaian/menguji hasil ), dan Evaluate the Experience (Evaluasi) berhasil dilaksanakan dengan baik. Sehingga adanya peningkatan kreativitas belajar siswa SMP Negeri 3 Rejang Lebong dengan ditandainya sisiwa lebih berani dan percaya diri, siswa aktif dalam berkelompok di pemecahan masalah, siswa lebih kreatif dilihat dalam proses pembelajaran dan hasil proyek dengan hasil yang memuaskan. Adapun faktor pendukung: faktor guru, faktor bahan ajar, faktor siswa dan faktor sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya: faktor orang tua, faktor siswa dan alokasi waktu. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Kreativiitas Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
MS, Febriyanti Dwidwi.febriyanti@students.iaincurup.ac.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Karliana, Indrawarikarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:33
Last Modified: 04 Jul 2024 04:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/6234

Actions (login required)

View Item View Item